Pengaruh Resiliensi terhadap Orientasi Karir Siswa Kelas XII SMA Se-Kecamatan Candisari Semarang

Authors

  • Lutfi Sultana Dwi Adiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Eko Nusantoro

DOI:

https://doi.org/10.32939/ijcd.v3i1.533

Keywords:

Orientasi Karir , Resiliensi.

Abstract

Banyak siswa setelah lulus dari pendidikan SMA mengalami kesulitan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai minat, kemampuan intelektual serta harapan karir setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adakah pengaruh resiliensi terhadap orientasi karir siswa kelas XII SMA . Penelitian ini menggunakan desain penelitian ex post facto. Alat pengumpul data menggunakan skala psikologi resiliensi dengan tingkat signifikansi antara 0,000-0,071, sedangkan koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,929, dan skala orientasi karir dengan tingkat signifikansi antara 0,000-0,045 dengan koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,895. Sampel yang terlibat 146 siswa dari populasi 186 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat resiliensi siswa kelas XII SMA se-Kecamatan Candisari Semarang berada pada kategori tinggi yaitu 54,22% dari total sampel keseluruhan, sedangkan tingkat orientasi karir siswa kelas XII SMA se-Kecamatan Candisari Semarang berada pada ketori sedang yaitu 77, 23% dari total keseluruhan sampel. Selanjutnya hasil analisis korelasi product moment pearson didapatkan hasil pengaruh resiliensi terhadap orientasi karir siswa SMA sebesar 58,8% (r= 0,588) dimana sisnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, maka guru BK diharapkan dapat mempertahankan tingkat resiliensi siswa serta meningkatkan pengetahuan orientasi karir siswa sehingga siswa mampu dalam mengambil setiap keputusan karir kedepannya. dan orientasi karir

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABKIN. 2013. Panduan Umum Pelayanan Bimbingan dan Konseling: Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Alfaiz, A., Hidayat, H., Yandri, H., Sari, A. T. L., Sendayu, F. S., Suarja, S., & Arjoni, A. (2021). Identification of Perceived Self-Efficacy to Predict Student’s Awareness in Career Readiness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 124-132.

Alfaiz, A., Yandri, H., Yuzarion, Y., Lestari, L. P. S., & Heriyani, E. (2019). Persepsi agentik individu untuk mencapai prestasi pribadi dalam aktivitas karir: riset pendahuluan. Psychocentrum Review, 1(2), 85-95.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Doni, Sri Roman. 2019. Pengaruh Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orangtua terhadap Pengambilan Keputusan dalam Memilih Program Studi/ Kuliah Siswa Kelas XI SMA N 16 Samarinda. Psikoborneo. 7, 570-578.

Fuster, Valentin. 2014. The Power of Resilience. Journal of the American Collage of Cardiology. 64, 840- 842.

Hasanah, Nasiyatul., Rusmawati, Diana. 2018. Hubungan antara Resiliensi dengan Kematangan Karir pada Remaja Penyandang Disabilitas Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Jurnal Empati. 7, 286-290.

Hayadin. 2018. Pengambilan Keputusan Profesi pada Siswa. Jurnal Teknodika. 8, 59-65.

Kamil, B., & Daniati. 2016. Layanan informasi karir dalam meningkatkan kematangan karir pada peserta didik kelas X di sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara. Jurnal bimbingan dan konseling. 3, 472-480.

MacDermid., Shelly., M., Samper., Rita., Schwarz, R., Nishida, J., & Nyaronga, D. 2008. Understanding and promoting resilience in military families. West Lafayetter: Military Family Researc Institue at Purdue University.

Masten. 2001. Ordinary Magic: Resilience Processes in Development. America Psychologist. 56, 227- 238.

Pelling, M. 2011. Adaptation to climate change from resilience to transformation. London and New York. Routledge.

Saputri, Yessiana Yolanda., Purwanti., Yusuf, Abas 2018. Orientasi Karir Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7, 162-169.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang Sisdiknas. Dalam bentuk e-book dinduh di www.unpad.ac.id (diakses 28-03-2020)

Suwarjo. 2008. Konseling Teman Sebaya untuk Peningkatan Resiliensi Remaja dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SLTP dan SLTA. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 4, 196- 202.

Winkel, W.S. dan Hastuti, Sri. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yandri, H., Juliawati, D., Alfaiz, A., Ramdani, R., Rusliah, N., Yuzarion, Y., ... & Syaputra, Y. D. (2021). The Implementation of STIFIn Intelligence Test for Students’ Career Planning: An Introduction and Impact of STIFIn Approach. Psychol Psychother Res Stud, 4(5).

Downloads

Published

2021-07-02

Issue

Section

Articles