Hubungan Identitas Etnis dan Kesadaran Budaya dengan Kecenderungan Perilaku Sopan Santun pada Siswa Kelas X SMK Mataram Semarang
Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Membuktikan tingkat hubungan identitas etnis (2) Membuktikan tingkat hubungan kesadaran budaya, dan (3) mengetahui gambaran hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa kelas X SMK Mataram Semarang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 218 siswa dengan jumlah sampel 135 siswa pada kelas X SMK Mataram Semarang, dipilih dengan menggunakan teknik pengumpulan data teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala kecenderungan perilaku sopan santun, skala identitas etnis, dan skala kesadaran budaya yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan (1) analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat identitas etnis, kesadaran budaya dan kecenderungan perilaku sopan santun, (2) analisis regresi linier berganda untuk mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan perilaku sopan santun dengan perolehan R=0,481 ; R2=0,232 ; F=19,918; dan nilai sig=0,000. Nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya berhubungan secara signifikan terhdap kecenderungan perilaku sopan santun.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2021-09-13
DIMENSIONS
How to Cite
Kurnia, D. I., & Mugiarso, H. . (2021). Hubungan Identitas Etnis dan Kesadaran Budaya dengan Kecenderungan Perilaku Sopan Santun pada Siswa Kelas X SMK Mataram Semarang. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.32939/ijocd.v2i2.551
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Counseling and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.