Penggunaan Aplikasi Instrumentasi pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

  • Rika Devianti STAI Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Suci Lia Sari STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Abstract

Abstrak. Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang menyediakan berbagai pelayanan bagi peserta didik untuk membantu perkembangan potensi yang optimal. Salah satunya adalah pelayanan Bimbingan dan Konseling (BK) yang merupakan bagian integral dari upaya untuk membantu mengembangkan potensi peserta didik seperti bakat, minat, dan kemampuannya. Salah satu pelayanan yang perlu dilakukan oleh guru BK adalah pelayanan BK dengan kegiatan pendukung, yaitu aplikasi instrumentasi. Namun, tidak semua guru BK memahami penggunaan aplikasi instrumentasi dengan kaitannya pada penempatan dan penyaluran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi instrumentasi dalam layanan dan penyaluran di sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian kepustakaan. Temuan pada penelitian ini adalah penggunaan aplikasi instrumentasi harus dilakukan oleh guru BK/konselor yang memiliki latar belakang pendidikan S-1 BK, mengikuti pelatihan aplikasi instrumentasi, memahami petunjuk penggunaan dan pelaporan instrumentasi, memahami tahapan instrument mulai dari Koleksi Instrumen; Perencanaan dan Penyiapan Instrumen; Pengadministrasian instrument; pengelolaan dan pemaknaan jawaban responden; Pelaporan atau Penyampaian hasil instrument; Evaluasi;Tindak lanjut atau Penggunaan hasil instrument; dan Pelaksana.

Downloads

Download data is not yet available.
CROSSMARK
Published
2021-07-11
DIMENSIONS
How to Cite
Devianti, R., & Sari, S. L. . (2021). Penggunaan Aplikasi Instrumentasi pada Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah . Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.32939/ijcd.v2i01.875
Section
Articles