Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA

Authors

  • Muhammad Alfian IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.454

Keywords:

Pendidikan Islam, Hamka.

Abstract

Pendidikan Islam adalah hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup umat Islam secara khusus, karena lewat pendidikan Islam inilah kita nengkaji, mengelola dan mengembangkan studi keislaman sesuai dengan keadaan zaman. Perubahan zaman, meniscayakan adanya perubahan interaksi antar umat manusia,khususnya umat Islam dan ajarannya, sehingga dibutuhkan penafsiran lebih lanjut dalam ajarannya, berkaitan pula dengan pemikiran pendidikan Islam. Hamka, sebagai salah satu tokoh Islam nusantara, mencetuskan beberapa hal berkaitan dengan Pendidikan Islam, yang jika direkonstruksi lebih lanjut, sangat relevan serta masih bisa diaplikasikan dengan keadaan keumatan sekarang. Diantara pemikiran tersebut berkaitan dengan tujuan pendidika, kurikulum, pendidik peserta didik dalam Islam, serta materi pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamka. Lembaga Hidup. Jakarta: Djajamurni. 1962.
______. Falsafah Hidup. Jakarta: Pustaka Panjimas. 1984.
Mohammad, Herry. Tokoh-Tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Islami. 2006.
Nizar, Samsul. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008
Noer, Deliar. Gerakan Modern Islam Di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES Anggota IKAPI.
Susanto, A. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah. 2009.
Ramayulis. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Quantum Teaching. 2005.
Tamin, Mardjani. Sejarah Pendidikan Daerah Sumatera Barat. Jakarta: Dep P dan K RI. 1997.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Alfian, M. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 89–98. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.454