PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRAVEL BATURAJA

Authors

  • Septia Maharani UIN Raden Intan Lampung
  • Wulan Dari UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32939/dhb.v3i2.1052

Abstract

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa travel Baturaja. Desain/metodologi/pendekatan penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan metode survey dengan memberikan kuisioner kepada beberapa responden dengan beberapa pertanyaan untuk dijawab di dalam google form sebanyak 12 pertanyaan yang berkaitan dengan indikator variabel yang diteliti yaitu 3 variabel yaitu nilai pelanggan, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian di daerah Baturaja Sumatera Selatan. Populasi dalam penelitian ini diambil dari pelanggan jasa travel baturaja. Sample yang diambil yaitu 50 responden dengan kriteria yang memiliki intensitas transaksi minimal sebanyak 4  kali  dalam 3 bulan terakhir merupakan sampel yang dipilih. Selanjutnya menggunakan metode analisis linier satu variabel indipenden. Hasil penelitian : Berdasarkan hasil pengolahan data statistik dengan menguji valitidas dan reliabilitas dari data yang didapat bahwa kualitas layananan yang telah diberikan sudah baik. Selanjutya berdasarkan hasil analisis regresi linier satu variabel indipenden, diperoleh hasil bahwa masing-masing variabel nilai pelanggan (x1) kualitas layanan (x2) dan kepuasan pelanggan (y) memiliki nilai sig dibawah 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan adalah signifikan. Implikasi hasil penelitian : Kualitas layanan merupakan faktor yang menjadi penentu kepuasan pelanggan, semakin baik kualitas layanan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baker, Michael, J., Saren, Michael. (2011). Marketing: Theory A Student Text. London:

SAGE Publication. Daud, Denny. (2013). Promosi dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4, Hal. 51-59.

Darma, Virja 2010. Menangani Keluhan Pelanggan. http://www.ama- dki.org/articles/archives/2010/01/16/menangani keluhan pelanggan/. Di unduh pada tanggal 22 Desember 2011 pukul 09.07 WIB.

Dedhi Yasinta. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan (Studi Pada Wisatawan Hotel Kalimutu Ecologde). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik.Universitas Nusa Cendana. Kupang.

Diab, Balqis. 2009. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan. Tesis. Semarang: Program Studi Manajemen Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2003 Manajamen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009 Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Rangkuti, Freddy. (2011). Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sarmigi, E., Angela, L., & Tiara, T. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pegadaian Kota Sungai Penuh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 25(1), 43-52.

Sasongko, Felita., Subagio, Hartono. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Petra, Vol. 1, No. 2, 1-7

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Maharani, Septia, and Wulan Dari. “PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRAVEL BATURAJA”. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting 3, no. 2 (September 1, 2022): 109–118. Accessed July 3, 2024. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/al-dzahab/article/view/1052.