Keefektifan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa
Keywords:
bimbingan klasikal, komunikasi interpersonal, metode jigsaw
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan klasikal metode jigsaw untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 4 Kota tegal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Kota Tegal dengan jumlah sampel 30 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi dengan instrumen skala komunikasi interpersonal siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 133,6 (kategori rendah) dan setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 238,8 (kategori sangat tinggi). Berdasarkan uji beda (t-test) dengan N = 30 dan taraf kesalahan 5% diketahui bahwa thitung > ttabel (17,128 > 2,042), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal metode jigsaw efektif digunakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2021-09-13
DIMENSIONS
How to Cite
ghufronalazuardy, giovanda, & Muslikah, M. (2021). Keefektifan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 92–99. https://doi.org/10.32939/ijocd.v2i2.552
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Counseling and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.