Manajemen Kelas Unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang
Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kegiatan manajemen kelas unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kepeserta didikan, guru kelas dan peserta didik kelas unggulan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, bahwa kelas unggulan MTs Negeri 3 Pemalang telah terimplementasikan dengan optimal ditandai dengan adanya perumusan tujuan kelas unggulan yang disusun oleh tim, terdiri dari Kepala Madrasah, Dewan Guru beserta tutor kelas unggulan. Perumusan peraturan kelas unggulan dilakukan secara matang dengan melibatkan kepala madrasah, semua guru, guru BK, dan komite. Pengembangan layanan belajar kelas unggulan ditandai dengan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, perangkat pembelajaran dan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan sarana dan prasarana kelas unggulan ditandai dengan adanya perencanaan dan analisis kebutuhan, pengadaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasarana dan solusi dalam mengatasi pengelolaan sarpras kelas unggulan. Pengembangan guru kelas unggulan ditandai dengan perekrutan, pembinaan dan pelatihan serta memberikan solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan kompetensi guru kelas unggulan. Pengawasan manajemen kelas unggulan ditandai dengan adanya supervisi perangkat pembelajaran oleh Kepala Madrasah.
Downloads
References
Abidin, Z. (2017). Manajemen Pendidikan dalam Tinjauan Hadits. Jurnal IDARAH Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Volume 1, 131.
C, M., Fimala, Y., & Gistituati, N. (2021). Manajemen Kelas Virtual di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1600–1604.
Fajri, Nur Sobihatul dan Wiyani, N. A. (2019). Manajemen marketing Madrasah Berbasis Information dan CommunicationTechnologi. 4 No., 108.
Fathurrohman, M. (2018). Mengenal lebih dekat pendekatan dan model pembelajaran. Kalimedia.
Hidayatulloh, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451–1459.
Hidayat, W., Jahari, J., & Shyfa, C. N. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Pendidikan Uniga, 14(1), 308–317.
Husaini. (2019). Manajemen Sarak Opat dalam Pembinaan Akhlak Remaja (Study Deskpriptif di Kampung Simpang Balek Kecamatan Wihpesam). Jurnal IDARAH: Jurnal Pendidikan dan kependidikan, Vol 3 No., 105.
Mudasir. (2011). Manajemen Kelas. Zafana Publishing.
Muhamad Irham dan Novan Ardy Wiyani. (2013). Psikologi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Muliadi, E. (2012). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, Volume I, 57.
Mulyadi. (2009). Classroom Management Mewujudkan Suasana Kelas Yang Menyenangkan Bagi Peserta didik. Aditya Media.
Novan Ardy Wiyani. (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.
Novan Ardy Wiyani. (2013). Manajemen Kelas. Ar-Ruzz Media.
Novan Ardy Wiyani. (2017). Desain Pembelajaran Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Novan Ardy Wiyani. (2018). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. Jurnal as-Sibyan UIN Banten, 3(1), 25–44.
Patimah. (2016). Pendidikan dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Al-Ibtida, Vol. 3 No., 148.
Pohan, M. M. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer dan Pemimpin Pendidikan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(1), 82-91.
Pohan, M., & Pohan, M. M. (2022). Increasing english learning outcomes through problem-based learning (pbl) model. Exposure: jurnal pendidikan bahasa inggris, 11(2), 351-362.
Purwasih, W., & Sahnan, A. (2021). Stimulating English Verbal Linguistic Intelligence of Early Childhood. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 6(2), 184–190.
Purwasih, W., & Sahnan, A. (2022). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana. MES Madako Elementary School, 1(No. 2 Desember), 99–117.
Rohmad, A. (2009). Kapita Selekta Pendidikan. Teras.
Rohmah, R. Y. (2022). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Al-Qur`an Metode UMMI di MTS Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 4(1), 136–143.
Sa`diyah, Halimah, Shofawi, Mukh. Adib dan Fatmawati, E. (2019). Manajemen Pendidikan Leadership Untuk Peserta didik di Madrasah Alam Banyu Belik Kedungbanteng Banyumas. Jurnal Tarbawi:Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, Vol. 5 No., 252.
Sahnan, A., Siswadi, & Setiani, R. E. (2022). Peningkatan Capacity Building Guru Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Kabupaten Purbalingga Berbasis Active Learning. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 256–267.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Supa`at. (2014). Model kebijakan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, III, No 1, 213.
Suwito, S., Kurniawati, H., & Sahnan, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Suksesi Program Full Day School Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhary Ajibarang Banyumas. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i1.6646
Ulya, I. (2016). Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Resolusi Konflik Agama Di Indonesia. FIKRAH. https://doi.org/10.21043/fikrah.v4i1.1663
Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Teras.
Wiyani, N. A. (2017a). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Bagi Anak Usia Dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(2), 77. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i2.2009
Wiyani, N. A. (2017b). Pengembangan Program Kegiatan Pembiasaan Berbasis Tqm Di Raudhatul Athfal (RA). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1270
Wiyani, N. A. (2018). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 53–74. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-04
Wiyani, N. A. (2019). Aktualisasi Prinsip Continuous Improvement dalam Kepemimpinan Responsif Kepala PAUD Islam Terpadu al-Ikhlas Bumiayu Brebes. AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 83–100. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-06
Wiyani, N. A. dan Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam: Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokhotomik-Holistik. Ar-Ruzz Media.
Wiyani, N. A., Nurprastika, I., & Sahnan, A. (2020). Aktualisasi Kecerdasan Interpersonal Kepala Sekolah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 03 No. 02, 114.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.