Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah

  • Munawwaroh Pohan MTsS PTP-VI Berangir Sumatera Utara
  • Paini Paini MTsS PTP-VI Berangir Sumatera Utara
  • Lisnani Lisnani MTsS PTP-VI Berangir Sumatera Utara
Keywords: Manajemen, Pembiayaan Pendidikan, Mutu Lulusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana manajemen pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di MTsS PTP-VI Berangir Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Informan pada riset ini berjumlah tiga orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, dan Bendahara. Dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling, dan diyakini para informan akan mampu memberikan informasi yang tepat dan benar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, serta verifikasi. Uji keabsahan data terdiri dari kredibilitas, dependabilitas, serta komfirmabilitas. Uji kredibiltas menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah direncanakan dengan baik. Hal itu ditandai dengan komitmen yang kuat dari Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah dalam memajukan Madrasah dan mutu lulusannya. Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah berjalan dengan optimal dibuktikan dengan melakukan berbagai macam strategi sehingga pemanfaatan dana bisa efektif dan efisien. Transparansi pembiayaan pendidikan dalam peningkatan mutu lulusan di MTsS PTP-VI Berangir sudah dilakukan dengan terang benderang. Hal tersebut dibuktikan ketika menyusun laporan penggunaan dana dan ketika melaporkan penggunaan dana melibatkan beberapa pihak yang terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., Triyono, B., & Koehler, T. (2020). Evaluation of Indonesian Technical and Vocational Education in Addressing the Gap in Job Skills Required by Industry. Proceeding - 2020 3rd International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering ICVEE 2020, 0(October), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICVEE50212.2020.9243222

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Los Angeles: Sage Publication Ltd.

Elik, Y. M. (2018). Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Pengelolaan Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikian Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kupang. Jurnal Profesi Keguruan, 4(2), 77–81.

Fadli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Management Pendidikan, 1(02), 26. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Harapan, E., & Kesumawati, N. (2022). The Teaching Quality of Teachers in a Learning Process. Journal of Social Work and Science Education, 3(1), 18–21. https://doi.org/10.52690/jswse.v3i1.266

Hasmawati, H., AR, M., & Usman, N. (2021). Financing Management of School Operational Fund (BOS) in Improving Learning at Babahrot State Junior High Schools (SMPN) of Southwest Aceh Regency. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 206–214. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i4.

Kahu, E. R. (2013). Framing Student Engagement in Higher Education. Studies in Higher Education, 38(5), 758–773. https://doi.org/10.1080/03075079.2011.598505

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan terhadap mutu sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269.

Leavy, P. (2017). Reserach Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.

Pramana, C., Chamidah, D., Suyatno, S., Renadi, F., & Syaharuddin, S. (2021). Strategies to Improved Education Quality in Indonesia : A Review. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12(3), 1977–1994.

Priatna, T., Nurhamzah, N., Ratnasih, T., & Siregar, H. S. (2018). Educational Financing Management in Tarekat–Based Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i1.2337

Qutni, D., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Human Resource Management in Improving The Quality of Education. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 354–366. https://doi.org/10.51276/edu.v2i2.132

Rojak, A., Wasliman, I., Koswara, N., & Fatkhullah, F. K. (2019). Learning Management In Increasing The Quality Of Graduates At Aliyah Boarding Schoolsin Banten Province ( Study on MAN Insan Cendekia and MAN 2 Serang). International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(5), 2166–2177. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i5.524

Rumi, S. R., Azma, A., & Hamka, H. (2022). Implementasi Manajemen Pembiayaan Berbasis Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Palu. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana UIN Datokarama Palu, 1(0), 374–379.

Sa’adullah, A., & Hidayatullah, M. F. (2022). Design of Improving The Quality of Human Resources Based on Islamic In Anak Saleh Foundation , Malang City. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 260–272. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.740

Santosa, S., Mihrajuddin, A., & Munastiwi, E. (2022). The Implementation of School Financial Management System in Managing the Bos Fund. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 145–155. https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i2.10905

Sugiyono, P. D. (2016). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suparman, A., Danim, S., Nirwana, N., & Kristiawan, M. (2022). Analysis of Standard Education Financing Management in State Vocational Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(2), 76. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v9i2.3323

CROSSMARK
Published
2023-05-22
DIMENSIONS
How to Cite
Pohan, M., Paini, P., & Lisnani, L. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2461