Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru
Abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetai pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru Di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang sesuai dengan hipotesis penelitian 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y). 2). Terdapat pengaruh yang signifikan dari budaya organisasi (X2) terhadap kinerja guru (Y) di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang. Dan 3). Terdapat pengaruh antara kepemimpinan (X1) dan budaya organisai (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis regresi dengan menguji hipotesis menggunakan analisis uji t dan F, responden merupakan guru SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang yang berjumlah 33 orang. Sedangkan instrumen telah dilakukan uji validitas dan reliabelitas menggunakan SPSS. Hasil penelitian menemukan, Uji Hipotesis 1 dibuktikan dari hasil uji t menunjukkan angka 0,005 < 0,05 dengan analisis nilai t tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung. Ada pengaruh dari kepemimpinan (X1) memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja guru (Y). Maka Ho positif diterima. Hasil uji hipotesis 2 dibuktikan dari hasil uji t menunjukkan angka 0,000< 0,05 dengan analisis nilai t tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung. Ada pengaruh yang positif dari Budaya Organisasi (X2) terhadap Kinerja Guru . Maka Ho positif diterima. Untuk uji hipotesis 3 ditemukan dibuktikan dari hasil uji F menunjukkan angka 0,000< 0,05 dengan analisis nilai t tabel lebih kecil dibandingkan dengan t hitung Berdasarkan pengaruh secara parsial yang terjadi antara variabel bebas (kepemimpinan dan budaya organisasi) terhadap variable terikat ( kinerja guru ), hasil yang diperoleh nilai signifikansi budaya organisasi sebesar 0,000 < 0,05 maka Hipotesis diterima, nilai signifikansi kepemimpinan kepala sekolah 0,005 < dari 0,05 maka Hipotesis diterima dan nilai signifikan budaya organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara simultan 0,000 < 0,005 maka Hipotesis diterima ditunjukkan nilai R square sebesar 89%.
Downloads
References
Anas Sudijono. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizah, J., & Mitra Gama, A. (2017). Jurnal Manajemen KINERJA Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen KINERJA, 3, 57–63.
Endang Yelvia. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Simpang. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(3), 147.
Fahmi, C. N. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 81–85.
Fikri, A., Pohan, M. M., & Anwar, K. (2023). Pesantren Curriculum Management Based On Religious Moderation At Mahad Al Jamiah. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.562.
Furtasan Ali Yusuf &Budi Ilham Maliki. (2021). Manajemen pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.
Gulo, S., Nadeak, B., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Nias Barat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 1–12.
Hanushek, E. A., & Rivkin, S. G. (2006). Chapter 18 Teacher Quality. Handbook of the Economics of Education, 2(06), 1051–1078. https://doi.org/10.1016/S1574-0692(06)02018-6
Harahap, I., Rahmani, N. A. B., Pohan, A. M., & Pohan, M. M. (2023). The Influence of Leadership, Work Discipline, and Motivation on Employee Performance with Religiosity as a Moderating Variable. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2112.
Harris, D. N., & Sass, T. R. (2014). Skills, productivity and the evaluation of teacher performance. Economics of Education Review, 40, 183–204. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2014.03.002
Jacky Lumby. (2012). Leading organisational culture: issues of power and equity. Educational Management Administration & Leadership Journal, 40(5), 3.
Jamil, Z. A., Pohan, M. M., & Wafi, M. H. (2021). Evaluation Of Madrasah Extracurricular Programs During The Covid 19 Pandemic. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 396–408.
Romadhon & Zulela. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru disekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 47.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Sagala. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syakir, M. J. (2015). the Influence of Headmaster Leadership, Work Motivation, and Organizational Culture on Teacher’S Competency of High School. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 226–240.
Wafi, M. H., Saputra, M. B., Pohan, M. M., & Hayat, A. P. (2023). Transformation Of The Tahfīdz Tradition In Indonesia: Between Traditional And Contemporary Education. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 8(1), 123–140. https://doi.org/10.29240/ajis.v8i1.6720.
Zhu, C., & Engels, N. (2014). Organizational culture and instructional innovations in higher education: Perceptions and reactions of teachers and students. Educational Management Administration and Leadership, 42(1), 136–158. https://doi.org/10.1177/1741143213499253.