Manajemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci

  • Rizki Gusmanto Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Pengguna, Laboratorium, Manajemen

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu fasilitas penting dalam proses belajar mengajar.  Sebagai tempat belajar atau sumber belajar, laboratorium harus nyaman dan aman. Laboratorium yang nyaman berarti tersedianya kebutuhan atau persyaratan untuk melaksanakan kegiatan suatu tempat yang seharusnya atau mudah dijangkau bila ditempati dan digunakan. Artinya seluruh penyimpanan bahan berbahaya dan aktivitas berbahaya telah dipersiapkan dan diantisipasi. Pengelolaan laboratorium akan berjalan paling efektif bila terdapat struktur organisasi laboratorium yang didukung oleh unsur-unsur antara lain ketua/kepala laboratorium, staf laboratorium pendidikan/teknisi/laboratorium/analis dan asisten/staf laboratorium. Tujuan pengelolaan laboratorium adalah menciptakan suasana nyaman dan suasana laboratorium yang aman bagi masyarakat pengguna, termasuk mahasiswa, peneliti, dan pengunjung laboratorium serta staf pengelola laboratorium. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif berdasarkan tinjauan pustaka (meta-analisis). Kerangka konseptual untuk meta-analisis didasarkan pada pendefinisian tata letak dan ruang, manajemen alat dan bahan, peraturan dan keselamatan laboratorium. Diharapkan dengan menerapkan manajemen yang baik dalam pengelolaan laboratorium, akan tercipta suasana laboratorium yang aman dan nyaman. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa hubungan antara manajemen dan administrasi yang baik dengan suasana aman dan nyaman bagi pengguna dan pengelola laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, N. 2016. Analisis Manajemen Laboratorium Kimia SMA Negeri di Kota Tanjung Pinang Guna Meningkatkan Kompetensi Guru dan Peserta Didik. Jurnal Zarah. Vol. 4 No. 1 Halaman: 1-8.

Amien, Moh. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum Untuk Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta : P2LPTK Depdikbud.

Azkiyani, R. N., Wiyani, N. A., & Sahnan, A. (2023). Manajemen Kelas Unggulan di MTs Negeri 3 Pemalang. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2250.

Daryanto. 2018. Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Harahap, I., Rahmani, N. A. B., Pohan, A. M., & Pohan, M. M. (2023). The Influence of Leadership, Work Discipline, and Motivation on Employee Performance with Religiosity as a Moderating Variable. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2112.

Lindawati., 2010, Strategi Inventaris Alaf dan Bahan, http//: blogspot.com/2010/04/strategi inventarisasi alat-dan-bahan. html.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, (Nomor 03, 2010), Tentang Jabatan Fungsional . Pranata Laboratorium Pendidikan Dan Angka Kreditnya.

Pohan, M., Paini, P., & Lisnani, L. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2461.

Purba, S., Subakti, H., Hasan, M., Handican, R., Pratiwi, I. I., Sari, M., Simanjuntak, M., Pohan, M. M., Arhesa, S., & Yustita, A. D. (2023). Politik dan Pemasaran Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Raharjo. 2017. Pengelolaan Alat Bahan dan Laboratorium Kimia. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi. 20 (2): 99-104.

Ramadhani, S.P. 2020. Pengelolaan Laboratorium. Depok: Penerbit Yiesa Rich Foundation.

Suryanta, (2010), Manajemen Operasional Laboratorium, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wafi, M. H., Saputra, M. B., Pohan, M. M., & Hayat, A. P. (2023). Transformation Of The Tahfīdz Tradition In Indonesia: Between Traditional And Contemporary Education. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 8(1), 123–140. https://doi.org/10.29240/ajis.v8i1.6720.

Yani, A., Pohan, M. M., Yani, Y. A., & Hayat, A. P. (2023). Work Discipline of Staff in Information Technology and Data Base Units. International Journal of Social Science and Business, 7(3). https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.52797.

CROSSMARK
Published
2023-11-30
DIMENSIONS
How to Cite
Gusmanto, R. (2023). Manajemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 112–121. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.3084