Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

  • Tara Elimar Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Anggia Ayu Lestari Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Susyanti Susyanti Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Mida Rama Fitri Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Elida Fatmayanti TK Negeri Pembina Pulau Rakyat
Keywords: Penerimaan Mahasiswa Baru, Promosi, Strategi

Abstract

Strategi promosi merupakan serangkaian rencana atau tindakan yang dilakukan untuk mempengaruhi konsumen dengan mengenalkan sebuah produk agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian fenomenologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di lingkungan kampus IAIN Kerinci Provinsi Jambi, Tahun Akademik 2023-2024. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu Kepala Bagian Umum Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama dan tiga orang staf. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan anatara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, serta konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah untuk strategi promosi yang dilakukan yaitu melalui media sosial, website, kelender, spanduk dan sosialisasi langsung ke sekolah dengan melibatkan mahasisawa. Dalam strategi promosi ada beberapa cara yang digunakan yaitu seperti membuat brosur yang menjelaskan informasi mengenai kapan pendaftaran dibuka serta memanfaatkan website kampus. Untuk jalur pendaftaran di IAIN Kerinci terdiri dari tiga jalur yaitu; (1) SPAN PTKIN adalah jalur prestasi masuk ke UIN/IAIN/STAIN yang ada di Indonesia salah satunya IAIN Kerinci; (2) UM PTKIN adalah jalur tes masuk ke UIN/IAIN/STAIN yang ada di Indonesia salah satunya IAIN Kerinci; (3) Jalur mandiri adalah kesempatan terakhir untuk bisa masuk ke IAIN Kerinci.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I., & Lubis, L. (2018). Strategi Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Ulul Albab, 22(2), 82–88. https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.591

Amanah, S. (2018). Efektivitas Strategi Promosi Melalui Promotion MIX sebagai Upaya Penguatan Eksistensi Lembaga STAIN Kediri menunjukkan hasil yang cukup optimal dalam pembentukan citra positif IAIN tinggi di tingkat regional dan nasional . Terbukti angka peminatan mahasis. Mediakita, 2(2), 143–160.

Arpah, S. (2021). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Di STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 6469(1), 18–29.

Dharmawansyah, S., Cangara, H., & Sultan, M. I. (2014). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(4), 257–263. https://doi.org/https://media.neliti.com/media/publications/94691-ID-strategi-promosi-dalam-meningkatkan-juml.pdf

Fikri, A., Pohan, M. M., & Anwar, K. (2023). Pesantren Curriculum Management Based On Religious Moderation At Mahad Al Jamiah. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.562

Fitriani, Lelawati, N., & Rahayu, S. R. (2021). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PENMARU) UM Metro. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 6(2), 155–165.

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Harahap, I., Rahmani, N. A. B., Pohan, A. M., & Pohan, M. M. (2023). The Influence of Leadership, Work Discipline, and Motivation on Employee Performance with Religiosity as a Moderating Variable. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2112

Jusriana, A., Sulasteri, S., & Astuti, N. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Berdasarkan Jalur Masuk Perguruan Tinggi Pada Program Studi Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 81–87.

Kanada, R. (2019). Trend Promosi Perguruan Tinggi yang Ampuh dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru ( Studi Kasus Perguruan Tinggi di Kota Palembang ) Rabial Kanada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Hidup dalam iklim kompetisi seperti saat ini ,. Journal of Islamic Education Managemen, 5(1), 81–92.

Kurniawan, E., Mustafidah, H., Shofiyani, A., Raya, J., & Waluh, D. (2015). Metode TOPSIS untuk Menentukan Penerimaan Mahasiswa Baru Pendidikan Dokter di Universitas Muhammadiyah Purwokerto ( TOPSIS Method to Determine New Students Admission at Medical School in University of. JUITA, III(November), 201–206.

Prastyo, P. H., Saharuna, Z., & Abduh, I. (2017). Analisis Data Atribut Mahasiswa Untuk Menentukan Strategi Promosi Kampus Menggunakan Metode Data Mining. Seminar Nasional Teknik Elektro Dan Informatika (SNTEI) 2017, 1(1), 81–86.

Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2608

Sopandi, E. (2011). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010). MANAJERIAL, 9(April), 87–101. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/manajerial.v10i1.1828

Suryani. (2021). Media Sosialisasi Penerimaan Dalam Meningkatkan. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 53–58. https://doi.org/10.36407/berdaya.v3i2.150

Sutikno. (2017). Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya ( Analisis Perbandingan Penerimaan Jalur SPAN , UM PTKIN dan Jalur Mandiri Tahun 2016 ). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 244–263. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.244-263

Tambunan, E. J. R., Hasibuan;, A. F., Widyasari;, A., Peristi;, & Bangun, B. (2020). Rancang Sistem Informasi Mahasiswa Baru. Journal of Student Development Information Technology (JoSDIT), 1(2017), 5–9.

Wardhana, A. (2018). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus Smk Kesehatan Cipta Bhakti Husada Yogyakarta). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 96. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10215

Wardi, J., Putri, G. E., & Johar, O. A. (2022). Promosi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru: Sebuah Tinjauan Kegiatan Promosi Di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 94–100. https://doi.org/10.31849/jieb.v19i1.8250

Yani, A., Ditama, R. A., & Pohan, M. M. (2021). Peningkatan Mutu Layanan Melalui Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 8(2), 170–179.

Yayuk, S., & Sugiyono. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Biaya Pendidikan Terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar dan Dampaknya dengan Kompetensi Lulusan SMK Di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758

CROSSMARK
Published
2024-05-26
DIMENSIONS
How to Cite
Elimar, T., Lestari, A. A., Susyanti, S., Fitri, M. R., & Fatmayanti, E. (2024). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri . Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 176–185. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i1.3790