Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

  • M. Fikri Hidayatullah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
  • Asep Kurniawan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng
Keywords: Manajemen Kesiswaan, Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning, Tebuireng

Abstract

Manajemen kesiswaan adalah pengaturan atau pengendalian seluruh unsur kegiatan siswa, khususnya sejak mereka masuk sekolah atau fasilitas pendidikan lainnya sampai lulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Madrasah pengguna Kitab Kuning Santri melalui manajemen kesiswaan. Manajemen kesiswaan merupakan suatu proses berkelanjutan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan memerlukan bantuan untuk setiap kegiatan. Merencanakan dan mengawasi berbagai tugas yang berhubungan dengan siswa adalah salah satu tujuan manajemen siswa, memungkinkan mereka berfungsi secara konsisten, metodis, dan rutin untuk mencapai tujuan mereka. Masalah yang berkaitan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Kitab Kuning harus diatasi. Manajemen Kesiswaan, atau proses perencanaan kegiatan yang berkaitan dengan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, tidak dapat dipisahkan dari keluaran siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan metodologi deskriptif-kualitatif. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data penelitian ini dari sumber data primer dan sekunder.  Peneliti menemukan bahwa: (1) seluruh kitab kuning yang ada di madrasah lebih unggul dibandingkan kitab-kitab lainnya, (2) kitab kuning yang diteliti konsisten dengan karya-karya yang ditulis oleh para ulama masa lalu maupun masa kini. Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireg Jombang menggunakan metode lalaran (diskusi), metode sorogan, metode bandongan, dan metode musyawarah sebagai teknik pembelajaran kitab kuningnya. (3) Ustadz atau orang yang bisa membaca kitab kuning menjadi penyebab yang mendorong pembelajaran kitab kuning di Madrasah Mu'allimin Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. Di sisi lain, sebagian santri merasa kesulitan dalam menguasai ilmu nahwu/sharof atau ilmu alat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrizal, M. A., Fuad, N., & Karnati, N. (2022). Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 3602–3612.

Ariska, R. S. (2015). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(6).

Fauzan, A. (2016). Kepemimpinan visioner dalam manajemen kesiswaan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).

Hasibuan, S. A. (2018). Manajemen Kesiswaan Pendidikan Islam. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 73–81.

Hufron, A., Imron, A., & Mustiningsih, M. (2016). Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(2), 95–105.

Ismail, F., Haris, M., Jumira, W., Budiyanto, C., & Julaiha, S. (2021). Manajemen Pendidikan Islam.

Khoiriyah, M. A. (2022). Manajemen Pesantren di Era Globalisasi. Airlangga University Press.

Nasution, M. B. K., Ritonga, T. R., Kurniawan, R., Ritonga, S. I., & Pohan, M. M. (2024). Analisis Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka pada Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. ALACRITY: Journal of Education, 267–275.

Pohan, M. M., Saleh, A. S., & Ritonga, A. H. (2024). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Sebuah Konsep, Tantangan, dan Strategi. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 26–40.

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119–125.

Saihu, M. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Yapin An-Namiyah.

Santriati, M. (2019). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281–292.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Bandung: CV. Alvabeta.

Tabroni, S. (2024). Manajemen Pondok Pesantren: Sistem Pengelolaan Dalam Peningakatan Daya Saing. CV. Dotplus Publisher.

Wahidah, F. (2023). Manajemen Literasi Kitab Kuning Sebagai Program Kompetensi Unggulan di Madrasah Berbasis Pesantren. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), 141–151.

CROSSMARK
Published
2024-11-30
DIMENSIONS
How to Cite
Hidayatullah, M. F., & Kurniawan, A. (2024). Manajemen Kesiswaan dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 227–238. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i2.4074