Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Program Gerakan Literasi di MIN 6 Aceh Utara
Abstract Penelitian ini membahas manajemen sumber daya manusia terhadap Program Gerakan Literasi di MIN 6 Aceh Utara. Program Gerakan Literasi Madrasah (GLM) merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas melalui kegiatan membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami manajemen sumber daya manusia dalam mendukung program GLM di MIN 6 Aceh Utara, memahami pelaksanaan program GLM, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam manajemen sumber daya manusia terkait program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). manajemen sumber daya manusia dalam program GLM di MIN 6 Aceh Utara dilakukan melalui tiga tahap utama: perencanaan, pengadaan, dan pengembangan. 2). Program GLM sendiri dilaksanakan melalui tiga tahapan: tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. 3). Kendala yang dihadapi dalam manajemen sumber daya manusia terhadap program GLM meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup masalah siswa, sarana dan prasarana, serta keterbatasan dana. Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa antara lain kurangnya perhatian dari orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa keberhasilan program GLM sangat bergantung pada komitmen dan kerjasama antara berbagai pihak terkait, termasuk guru, siswa, orang tua, dan pihak manajemen sekolah. Pengembangan kapasitas guru melalui pelatihan dan workshop secara berkelanjutan juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam meningkatkan efektivitas program literasi. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola sekolah dan pembuat kebijakan untuk merancang strategi yang lebih efektif dalam mengatasi hambatan dan meningkatkan kualitas literasi di kalangan siswa.
Downloads
References
Aam Amaliyah dan Azwar Rahmat. (2021) Pengembangan Potensi Siswa Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal Elementary Education, 5(1), 31.
Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar, E. (2022). Analisis gerakan literasi pojok baca terhadap minat baca kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1999-2003
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka cipta.
Batubara, J. (2015). Pengembangan karakter jujur melalui pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1-6.
B. Uno, Hamzah. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Elimar, T., Lestari, A. A., Susyanti, S., Fitri, M. R., & Fatmayanti, E. (2024). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 176–185.
Hayat, Bahrul dan Yusuf, Suhendra. (2019) Literasi Madrasah. Jakarta: Garuda Press.
Hidayat, W. (2024). Implementasi Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di SMA Al-Ihsan Cimencrang. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 135–150.
Husnari, S., Fahreza, I. A., Fitriyani, F., & Yuliani, H. (2024). Pelaksanaan Pengelolaan Laboratorium Fisika di IAIN Palangka Raya. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 186–206.
Nasution, M. B. K., Ritonga, T. R., Kurniawan, R., Ritonga, S. I., & Pohan, M. M. (2024). Analisis Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka pada Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Adobe Flash Professional CS6. ALACRITY: Journal of Education, 267–275.
Pohan, M. M., Saleh, A. S., & Ritonga, A. H. (2024). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Sebuah Konsep, Tantangan, dan Strategi. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 26–40.
Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.