Implementasi Kesetaraan Gender dalam Penempatan Jabatan Kepengurusan di Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran
Abstract Kesetaraan gender menjadi topik utama dalam pendidikan khususnya di pondok pesantren. Pada implementasinya Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran berusaha untuk menerapkan konsep kesetaraan gender ini dalam struktur kepengurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai implementasi kesetaraan gender dalam penempatan jabatan kepengurusan di Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan datanya melalui tiga teknik utama, yakni observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep kesetaraan gender di Pondok Pesantren Nurul Huda Cikandri Pangandaran telah menerapkan dan mengimplementasikannya dengan baik melalui pembagian jabatan kepengurusan secara seimbang antara pengurus santri dan santriyah. Hal ini menunjukkan tidak adanya diskriminasi terhadap perempuan, sehingga perempuan bisa ikut andil dalam kontribusi serta tanggung jawab di pondok pesantren. Adapun tujuannya adalah ketika suatu masyarakat menghadapi permasalahan, penyelesaiannya dapat dilakukan melalui musyawarah bersama, baik laki-laki maupun perempuan memiliki peran aktif dalam proses pengambilan keputusan karena kepribadiannya telah dilatih sejak dini.
Downloads
References
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Sage publications.
Darmini, A. M. M. (2024). Mobilisasi Politik Di Pesantren: Bagaimana Keterbatasan Akses Digital Dan Kuatnya Peran Kiai Menentukan Arah Dukungan Dalam Pemilu. The Conversation.
Fakhri, M., Anwar, K., & Shalahudin, S. (2024). Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Pendidikan. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 207–217.
Fidya, Y., & Daflaini, D. (2023). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Keluarga Jama’ah Tabligh di Semurup Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 61–72.
Hamidah, A. (2021). Urgensi Prinsip Non-diskriminasi Dalam Regulasi Untuk Pengarus-utamaan Kesetaraan Gender. Jurnal Hukum & Pembangunan, 51(3), 677–697.
Haslita, R., Samin, R., Kurnianingsih, F., Okparizan, O., Subiyakto, R., Elyta, R., Anggraini, R., Muhazinar, M., & Ardiansya, A. (2021). Implementasi Kebijakan pada Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. Takzim: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 81–86.
Hudan, L. M., Addakhri, L. D., & Amaliah, M. S. (2023). Implementasi Keadilan Gender di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Cipadung Bandung. Gunung Djati Conference Series, 22, 144–149.
Ilmi, I. (2021). Strategi Pembelajaran Pesantren Ekologi Hidayatul Irpan dalam Melahirkan Peace Worker. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 5 No. 3, 2021, 4(3).
Kasmawati, A. (2017). Perlindungan Kak Perempuan dalam Perspektif Keadilan Gender. Seminar Nasional LP2M UNM, 539–542.
Khotimah, K. (2009). Diskriminasi Gender Terhadap Perempuan Dalam Sektor Pekerjaan. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 4(1), 158–180.
Khusniati Rofiah, M. S. I. (2021). Produktivitas Ekonomi Perempuan dalam Kajian Islam dan Gender. Q Media.
Kurniawan, A. (2022). Ini Hadits Keutamaan Mencari Nafkah Keluarga. NU Online.
Kurniawati, A., & Muafiah, E. (2023). Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Lingkungan Pesantren. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(01), 25–36.
Marhumah, E. (2011). Konstruksi Sosial Gender Di Pesantren; Studi Kuasa Kiai Atas Wacana Perempuan (Cetakan I). LKIS Pelangi Aksara.
Muhsin, M., Imron, I., & Mawardi, I. (2024). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Profesionalisme Guru terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran PAI SMP Negeri di Kabupaten Wonosobo. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 151–162.
Mutmainah, H., Arifin, S., & Munir, M. (2022). Nilai Kesetaraan Gender dalam Perspektif Islam. journal TA’LIMUNA, 11(2), 155–169.
Noviani, D. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Kesetaraan Gender Dalam Keluarga. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1517–1522.
Nurfai, A. (2022). Pendidikan Kesetaraan Gender di Pondok Pesantren Sebagai Upaya Membangun Peradaban Bangsa. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 213–227.
Pahlevi, R. (2022). Indeks Ketimpangan Gender Indonesia, Terburuk di Bidang Politik. databoks.
Pichardo, G. (2023). What’s the Difference Between Sex and Gender? WebMD.
Pohan, M. M., Latif, M., & Rosyadi, K. I. (2024). Special Services of Integrated Islamic High Schools in Improving Education User Satisfaction in North Sumatra Province. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 6(2), 208–215.
Pohan, M. M., & Wisda, R. S. (2024). The Internalization of Religious Moderation Values in Aqidah and Akhlaq Courses at The Faculty of Tarbiyah and Teacher Training (FTIK) of IAIN Kerinci. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(3), 307–318.
Prastyo, D. (2020). Prespektif Gender Dalam Penentuan Pengurus Kelas Di Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 59–63.
Purnama, Y. (2023). Tugas-Tugas Istri. Muslimah.or.id.
Saadat, Z., Alam, S., & Rehman, M. (2022). Review of Factors Affecting Gender Disparity in Higher Education. Cogent Social Sciences, 8(1), 2076794.
Sanah, B. F., Nafisah, I. W., Mukmina, M. Z., Cholid, S. A., & Prayoga, T. A. (2021). Implementasi Keadilan Gender di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang. Jurnal Sosiologi Reflektif, 16(1), 113–132.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Cv. Alvabeta.
Sumaryati, S. (2018). Keadilan Gender dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(02), 211–226.
Ulum, B., & Fairuz, N. (2021). Kepemimpinan Wanita sebagai Gerakan Emansipasi Berbasis Gender Awareness di Pondok Pesantren. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–26.
Wahyuddin, W. (2017). Implementasi Nilai Kesetaraan Jender dalam Pendidikan Karakter (Studi terhadap Pondok Pesantren DDI Mangkoso dan Ummul Mukminin di Sulawesi Selatan). Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 21(2), 141–153.
Winarti, R. (2023). Tantangan Peran Wanita dalam Demokrasi di Masa Sekarang dan Yang Akan Datang. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 3(2), 307–318.