Tantangan Penerapan Teknologi Digital dalam Pendidikan Islam: Memanfaatkan Inovasi untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran

  • Miratu Khasanah Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
Keywords: Tantangan, Teknologi Digital, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan penerapan teknologi digital dalam konteks pendidikan Islam dan mengeksplorasi bagaimana inovasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan studi literatur dan menggunakan analisis isi. Penelitian kepustakaan (Library Research) konsisten dengan permasalahan yang dibahas dalam prosedur operasional, pengumpulan, membaca, mempelajari, menganalisis , menafsirkan dan menentukan kesimpulan dari informasi data yang sesuai dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama penerapan teknologi digital dalam pendidikan Islam antara lain ketersediaan infrastruktur yang memadai, pendekatan kurikulum yang tepat, dan integrasi nilai-nilai Islam dengan konten teknologi. Di sisi lain , inovasi seperti pengembangan aplikasi pendidikan berbasis nilai-nilai Islam dan pelatihan intensif bagi guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran digital dalam konteks pendidikan Islam. Temuan tersebut memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dan memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang , 2 (1), 18–25.

Ambarwati, D., Wibowo, UB, Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560.

Creswell, J. (2015). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative. Pearson Education, Inc.

Creswell, J. W. (2022). A Concise Introduction to Mixed Methods Research. SAGE Publications, Inc.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Infokam , XV (II), 116–123.

Elimar, T., Lestari, A. A., Susyanti, S., Fitri, M. R., & Fatmayanti, E. (2024). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 176–185.

Harahap, I., Rahmani, N. A. B., Pohan, A. M., & Pohan, M. M. (2023). The Influence of Leadership, Work Discipline, and Motivation on Employee Performance with Religiosity as a Moderating Variable. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2112.

Jamil, Z. A., Pohan, M. M., & Wafi, M. H. (2021). Evaluation Of Madrasah Extracurricular Programs During The Covid-19 Pandemic. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 396–408.

Masgumelar, NK (2021). Teori Pembelajaran Konstruktivis dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. 2 , 49–57.

Muhsin, M., Imron, I., & Mawardi, I. (2024). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Profesionalisme Guru terhadap Manajemen Penilaian Pembelajaran PAI SMP Negeri di Kabupaten Wonosobo. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 151–162.

Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Akhlak. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) , 11 (1), 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74.

Pohan, M. M., Nasution, M. B. K., & Kurniawan, R. (2024). Implementasi Media Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar pada Teks Negosiasi Siswa SMK Pemda Rantauprapat. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 4(1), 1–8.

Pradana, M. (2015). Pemasaran Digital : Adopsi Media Sosial pada Usaha Kecil dan Menengah. Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia. 27(1), 1-10.

Sari, M. (2020). Ilmu Pengetahuan Alam : Jurnal Penelitian Bidang Sains dan Pendidikan IPA, ISSN : 2715-470X (Online), 2477 – 6181 (Cetak) Penelitian Perpustakaan dalam Penelitian Pendidikan Sains . 41–53.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Perpustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan Sains. Ilmu Pengetahuan Alam , 6 (1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Surachman, A., Putri, D. E., & Nugroho, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52-63.

Yahya. (2024). Sarjana Pendidikan. Sarjana Pendidikan , 3 (6), 101–112.

Yani, A., Pohan, M. M., Yani, Y. A., & Hayat, A. P. (2023). Work Discipline of Staff in Information Technology and Data Base Units. International Journal of Social Science and Business, 7(3), 1–12. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.52797.

CROSSMARK
Published
2024-11-30
DIMENSIONS
How to Cite
Khasanah, M. (2024). Tantangan Penerapan Teknologi Digital dalam Pendidikan Islam: Memanfaatkan Inovasi untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 282–289. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i2.4240