Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

  • Ahmad Ghazali Samad Universitas Puangrimaggalatung
  • Sri wahyuni Universitas Puangrimaggalatung

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris siswa SD melalui penggunaan metode belajar Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari :Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri atas 22 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil analisis belajar setelah diterapkan model SQ3R pada siswa kelas SDN 213 Lapongkoda Kabupaten Wajo yaitu pada tahap prasiklus siswa yang tuntas dengan nilai≥ 75 sebanyak 0 siswa dengan persentase ketidak tuntasan 100%.Pada siklus I hasilbelajar siswa meningkat, yaitu sebanyak 20 siswa dengan presentase 63% tuntas belajar dengan nilai ≥ 75.Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 88%.Jadi siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari 68% sampai 88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model SQ3R ini efektif meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris siswa SD di Kecamatan Tempe. Setelah adanya penelitian tersebut, disarankan guru hendaknya senantiasa mengawasi kelas untuk terus memotivasi siswa dan memberikan bimbingan secara individu maupun kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, Catharina Tri, dkk. 2014. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Press
Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widaya
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lie, Ananta. 2014. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.
Mulyasa.2016. Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Nurhadi. 2015. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban) Jakarta: PT Grasindo.
Priatiningsih, Titi. 2004. Pengembangan Instrumen Penelitian Biologi. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.
Qiao Mingdao and Jin Xiaoling. 2010. “Jigsaw Strategy as a Cooperative Learning Technique: Focusing on The Langage Learner” In Chinese Journal of Applied Linguistics Available at www.celea.org.en/teic/92/pdf diakses tanggal 7 April 2018
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rinneka Cipta.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2017. Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudaryo, dkk.2011.Strategi Belajar Mengajar 1. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suharta.,& Luthan, Putri Lynna A. 2013. Application of Cooperative Problem-Based Learning Model to Develop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student Learning Outcomes in Chemistry in High School.Journal of Education and Practice, 4 (25), 55-60.
Sujadi, E. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13 (1), 97-108
Sujadi, Eko., Ayumi, Rinda Tri., Indra, Syaiful., Sumarto., Rahima, Raja. 2018). Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavioral untuk Membentuk Internal Locus of Control. Jurnal Fokus Konseling, 4 (2): 176-184.
Syah, Muhibin. 2016. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thabrany, Hasbullah. 2014. Rahasia Sukses belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tsay, Mina and Brady, Miranda.2010 “A case study of cooperative learning and communication pedagogy” in Journal of the scholarship of Teaching and Learning.Vol 10, No 2.Available at http:/ www.iupul.edu/josotl diakses 14 Juli 2018.
Uno, Hamzah B. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Akasara
Yamin, Martinis. 2015. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Published
2019-12-01
How to Cite
SAMAD, Ahmad Ghazali; WAHYUNI, Sri. Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 15, n. 02, p. 263-272, dec. 2019. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/423>. Date accessed: 06 june 2020. doi: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.423.