KEMAMPUAN KIMIA DAN MATEMATIKA SISWA MAN 2 KOTA JAMBI: RELASI DALAM FAKTA

RELASI DALAM FAKTA

  • Desy Rosmalinda UIN STS Jambi

Abstract

ABSTRAK. Sama halnya dengan Biologi dan Fisika, kimia merupakan cabang ilmu alam yang harus dikuasai siswa. Banyak hal yang menjadi kendala siswa selama mempelajari kimia, termasuk saat mengerjakan soal-soal kimia yang mengandung perhitungan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kimia dan matematika siswa Madrasah Aliyah dalam konteks relasi sesuai fakta di lapangan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan juga wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tidak bisa menjawab soal kimia dengan benar, ternyata bisa menjawab soal matematika yang memiliki operasi matematis yang sama dengan soal kimia tersebut. Bahkan dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa lebih dari 50% siswa mengalami kendala memahami konsep. Dari penelitian ini didapat beberapa fakta menarik. Fakta pertama, siswa yang memiliki kemampuan kimia rendah ternyata tidak selalu memiliki kemampuan matematika yang lemah. Fakta kedua, kendala yang dihadapi banyak siswa dalam mempelajari kimia yaitu sulitnya memahami konsep. Fakta ketiga, metode mengajar guru juga menentukan tingkat ketertarikan siswa untuk mempelajari kimia yang pada akhirnya juga berpengaruh terhadap kemampuan kimia siswa. Fakta keempat, minat siswa untuk mempelajari kimia menjadi faktor internal siswa  untuk dapat meningkatkan kemampuan kimianya. Fakta kelima, rajin berlatih mengerjakan soal kimia merupakan salah satu cara mengasah kemampuan kimia. Dengan demikian kemampuan matematika siswa tidak menjadi pengaruh utama terhadap kemampuan kimia siswa.
 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, B., Deswita, R., Ningsih, F., & Syafriadi. (2017). CORE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND MAHASISWA MATEMATIKA. Jurnal Tarbawi, 13(02), 33–42.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. In Pearson (4th ed.). Boston.
Eskandar, F.-A., Bayrami, M., Vahedi, S., & Ansar, V. A. A. (2013). The effect of instructional analogies in interaction with logical thinking ability on achievement and attitude toward chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 14(4), 566–575. https://doi.org/10.1039/C3RP00036B
Guci, S. R. F., Zainul, R., & Azhar, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiga Level Representasi Menggunakan Prezi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Padang, November(November), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/n7jkf
Israni, P. (2016). The Relationship of Chemistry with Physics and Mathematics. International Journal of Current Research in Science and Technology, 2(1), 33–35.
J Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (5th ed.). United Sta.
Kurniawati, E., Kurniati, T., & Kurniawan, R. A. (2017). Deskripsi Kemampuan Matematika dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 169–180. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Meditamar, M. O., Gunawan, R. G., Oktafia, M., & Nurmailis. (2017). Pengaruh Strategi Belajar Murder Dengan Setting Belajar Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 1 Kerinci. Jurnal Tarbawi, 13(01), 11–21.
Merdekawati, K. (2013). PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP. 2(1).
Potgieter, M., Harding, A., & Engelbrech, J. (2008). Transfer of Algebraic and Graphical Thinking between Mathematics and Chemistry. Journal of Research in Science Teaching, 45(2), 197–218. https://doi.org/10.1002/tea
Selvia Erita. (2016). BEBERAPA MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh: Selvia Erita. Jurnal Tarbawi, 1(2).
Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943
Sujadi, Eko. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 97–108.
Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581.
Trinajstic, N., & Gutman, I. (2002). Mathematical Chemistry. CROATICA CHEMICA ACTA, 75(2), 329–356. https://doi.org/10.1201/b19046-3

Xu, X., Lewis, S. M. V., & E., J. (2013). College students’ attitudes toward chemistry, conceptual knowledge and achievement: structural equation model analysis. Chemistry Education Research and Practice, 14(2), 188–200. https://doi.org/10.1039/C3RP20170H
Published
2020-07-24
How to Cite
ROSMALINDA, Desy. KEMAMPUAN KIMIA DAN MATEMATIKA SISWA MAN 2 KOTA JAMBI: RELASI DALAM FAKTA. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 1-11, july 2020. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/494>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.494.