Legitimasi Pesan Dakwah Dalam Hadis Amar Ma’ruf Nahy Munkar

  • Nur Ikhlas STAIN Sultan Abdurrahman Kepri
Keywords: Dakwah, Hadis, Amar Makruf Nahi Mungkar

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana hadis amar ma’ruf nahy munkar memberikan legitimasi pesan-pesan dakwah yang bernuansa inklusif atau ekslusif. Penelitian ini menghasilkan beragam pandangan hadis terkait dengan batasan-batasan berdakwah dengan pesan (amar ma’ruf) perintah berbuat kebaikan dan batasan (nahy munkar) larangan berbuat kemungkaran. Batasan ini diambil dari beragam hadis dan sunnah yang diajarkan nabi Muhammad saw dan dianalisis dengan pendekatan kebahasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan hadis-hadis di dalam kitab bukhari dan muslim terkait dengan bagaimana Rasulullah menyampaikan dakwah amar ma’ruf dan nahy munkar. Kesimpulan yang ditemukan dari penelitian bahwa terdapat banyak hadis mengenai amar ma’ruf dengan konotasi positif dan nahy munkar dengan konotasi negatif. Padahal pada kenyataannya, dakwah dengan pesan larangan (nahy) tersebut disampaikan oleh Nabi dengan konotasi positif dengan mengedepankan prinsip universal Islam yakni kemaslahatan dan mengurangi timbulnya mafsadat.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hamid, A.-S. (2003). Hasyiyah asy-Syarwani ala Tuhfahtil Muhtaj (Vol. 7). Dar Al-Kotob Al-Ilmiyyah.

Al-Bukhari. (1994). Shahih Bukhari. Dar al-FIkr.

Al-Hanafi, A.-J. (1992). Ahkamul Qur’an (Vol. 2). Dar al-Haya al-Turas Al-Arabi.

Al-Nawawi. (1930). Shahih Muslim bi Syarh al-Nawawi. Al-Mihriyyah.

Al-Nawawi. (2005). Tafsir Al-Munir (Vol. 2). Dar Al-Kotob Al-Ilmiyyah.

Al-Syaukani. (2007). Fathul Qadir. Pustaka Azam.

Hadzami, M. S. (2010). Taudhihul Adillah: Fatwa-fatwa Muallim KH. Syafa’i Hadzami. Elex Media Komputindo.

Hamka. (2015). Tafsir Al-Azhar. Gema Insani.

Ismail, S. (1993). Metodologi Penelitian Hadis Nabi. Bulan Bintang.

Mahmud, A. A. H. (1996). Karakteristik Umat Terbaik: Telaah Manhaj, Akidah dan Harakah. Gema Insani Press.

Munir, M. (2006). Metode Dakwah. Kencana.

Nurdin, A. (2006). Qur’anic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam Al-QUr’an. Gramedia Pustaka Utama.S

Su’aidi, H. (2009). Konsep Amar Makruf Nahi Mungkar Perspektif Hadis. Jurnal Penelitian IAIN Pekalongan, 6(2), 1–14.

Sulaiman, J., & Putra, M. A. (2020). Manajemen Dakwah Menurut Perspektif al-Qur’an. Jurnal Manajemen Dakwah, 8(1), 95–108.

Sumith, Z. bin. (2006). Al-Minhaj as-Sawi. Dar Al-Minhaj.

Taimiyyah, I. (1990). Etika Beramar Makruf Nahi Mungkar. Gema Insani Press.

CROSSMARK
Published
2022-07-08
DIMENSIONS
How to Cite
Ikhlas, N. (2022). Legitimasi Pesan Dakwah Dalam Hadis Amar Ma’ruf Nahy Munkar. Journal of Da’wah, 1(1), 133–147. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1312
Section
Articles