MENGUAK TABIR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KERINCI LEWAT REKONSTRUKSI BENDA CAGAR BUDAYA DAN BERSEJARAH

  • Siti dkk. Zahara

Abstract

Kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya sejarah menyebabkan masyarakat kurang mengerti akan nilai-nilai yang terkandung dalam benda-benda bersejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian sejarah dengan menggunakan metode kualitatif.Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembangunan masjid merupakan asas dari masyarakat yang beragama Islam, akantetapi pembangunannya merupakan perpaduan budaya Islam, budaya lokal, serta budaya luar. Hal ini menunjukkan bahwa sejarah perkembangan kebudayaan Islam di Kerinci penuh toleransi dan berjalan damai. Ini terlihat dari akulturasi kebudayaan Islam dengan kebudayaan lokal. Dilihat dari fungsi masjid, pada masa itu bukan hanya sebagai tempat ibadah saja akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bermusyawarah tentang agama dan adat, serta sebagai tempat rapat para pemuka agama dan adat dalam melawan penjajahan kolonial.

References

A. Shamad, Irhash. 2004, Ilmu Sejarah (Perspektif Metodologid dan acuan penelitian), jakarta: Hayfa Press.
C.W. Watson, “Islamization in Kerinci” Change and Continuty in Minangkabau, (l. Van Benda-Backmann, ad.), Athens: O hio University Press. I

Direktorat Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1995, ‘peraturan pemerintah RI No. 19 1995 tentang pemeliharaan dan pemanfaatan Benda Cagar Budaya di Museum. (Proyek pembinaan Permuseuman jakarta: 1995/1996.

Dinas Pendidikan dan Pengajaran kabupaten Kerinci, Benda Cagar Budaya Peninggalan Sejarah dan Purbakala Kabupaten Kerinci, Sungai Penuh, 2001

http:www.wikimu.com/news/displainews.aspx?id=1939 Undang-undang RI No. 5 tahun 1992, dalam Bab I pasal I tentang Benda Cagar Budaya.Diakses hari minggu tanggal 20 Maret 2016.

Idris, Indra. 2001, Menguak tabir Prasejarah Di alam Kerinci, Sungai Penuh: Pemerintah kabupaten Kerinci Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci.

Tjandrasasmita, Uka. 2003, “Proses Islamisasi dan Perkembangan Kesultanan Jambi serta Upaya Mempertahankan Kedaulatannya,” Mimbar Agama dan Budaya, vol. XX, No. 2, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Thaliby, Ismail, 2000 Adat Sakti Alam Kerinci dan Persentuhannya dengan Hukum Syara’ Disertasi IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Published
2017-03-06
How to Cite
ZAHARA, Siti dkk.. MENGUAK TABIR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KERINCI LEWAT REKONSTRUKSI BENDA CAGAR BUDAYA DAN BERSEJARAH. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 16, n. 1, mar. 2017. ISSN 2502-7565. Available at: <https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/115>. Date accessed: 11 apr. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.