Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif Fenomenologi)

  • Daflaini Daflaini Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Yatti Fidya Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Sesmi Mulyani Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap manajemen pembelajaran di pondok pesantren Al Islah di Danau Pauh, Kabupaten Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain fenomenologi. Informan penelitian ini meliputi pengurus pondok pesantren, ustadz dan ustadzah, dan santri. Purposive sampling digunakan dalam pemilihan informan. Ada dua macam sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Memanfaatkan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi dalam proses analisis data. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, reliabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan pembelajaran di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh sudah efektif. Pengorganisasian yang dilaksanakan di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh telah terstruktur sesuai dengan konsep atau tahapan tertentu. Rencana pelaksanaan pembelajaran pondok pesantren Al Islah Danau Pauh meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Diawali dengan pembukaan atau salam, ustadz menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, spidol, dan kertas yang dibagikan kepada santri. Di pondok pesantren Al Islah Danau Pauh, evaluasi formatif dan sumatif digunakan untuk menilai pembelajaran siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjar, E. S., & Sulaeman, A. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kepesantrenan pada Masa Pandemi di Pondok Pesantren Miftahussalam Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 4(0), 44–49. https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.292

Ariani, D., & Syahrani, S. (2022). Manajemen Pesantren Dalam Persiapan Pembelajaran 5.0. Cross-Border, 5(1), 611–621. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1130

Arief, A. K. (2022). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Perspektif Alqur’an Dan Hadis Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 132–146. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/9668

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, John. W. (2012). Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.

Haidir, H., Anas, N., Murtadho, W., Rahmadhani, R. A., & Irawan, R. (2022). Analisis Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Man 1 Medan. Research and Development Journal of Education, 8(1), 424–429. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13782

Kholidah, R. (2016). Deskripsi Pembelajaran di Pondok Pesantren Putri. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 103–118. https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.246

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(01), 1–10. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/18

Mahdiyah. (2014). Statistik Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. New York: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2018). Manajemen Pesantren Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren Al-Amin Ngasinan Rejomulyo Kediri. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 85–99. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.66

Putra, V. N. A. (2018). Manajemen Perencanaan Pembelajaran untuk Kaderisasi Muballigh di Pondok Pesantren Takwinul Muballlighin Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 133–155. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-07

Rido, A., & Kudus, H. H. A. (2020). Analisis Manajemen Pembelajaran dan Kedisiplinan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 14–34. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/69

Riyanto, E. A. (2018). Fenomenologi Dalam Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saifudin, A. (2017). Manajemen Pesantren Dalam Menghadapi Perubahan. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 61–77. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/12

Samrin, S. (2015). Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Shautut Tarbiyah, 21(1), 128–144. https://doi.org/10.31332/str.v21i1.18

Setiawan, M. H., Ni`mah, M., & Ghufron, G. (2022). Manajemen Pesantren Ar-Rofi`Iyyah Dalam Meningkatkan Mutu SDM Santri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3758–3762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6056

Suminar, S., Syamsuddin, S., & Yuliani, Y. (2018). Penerapan Fungsi Manajemen Pesantren dalam Proses Rekruitmen Santri. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(3), 171–186. https://doi.org/10.15575/tadbir.v3i3.87

Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1), 1–34. https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.606

Tamlihah, T., Mukhid, A., & Mubah, H. Q. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri Di Pondok Pesantren Nurus Sibyan Ambat Tlanakan Pamekasan. Re-JIEM: Research Journal of Islamic Education Management, 3(1), 96–106. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i1.2957

Wibowo, A. (2019). Integrasi Manajemen Kesiswaan Pendidikan Formal Dan Non Formal Di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 221–228. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6967

Yani, A., Pohan, M. M., & Pohan, J. E. (2022). Total Quality Management to Improve Human Resources at the Policy Level of Middle School Principals in Kerinci, Indonesia. Yantu Gongcheng Xuebao/Chinese Journal of Geotechnical Engineering, 44(11), 10–18. https://doi.org/10.11779/CJGE202211.2

Yunita, L., Junaidi, J., Dewi, Y., & Zakir, S. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Kitab Kuning dengan Model Cipp di Pondok Pesantren Yati Kampung Baru Nagari Kamang Mudik Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 47–56. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6543

CROSSMARK
Published
2023-05-22
DIMENSIONS
How to Cite
Daflaini, D., Fidya, Y., & Mulyani, S. (2023). Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif Fenomenologi). Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 14–25. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2258