Manajemen Pendidikan Islam Dalam Keluarga Jama’ah Tabligh di Semurup Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci
Abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen pendidikan Islam dalam keluarga Jama’ah Tabligh di Desa Semurup Kecematan Air Hangat Barat. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengatur, memenuhi tanggung jawab pendidikan dan cara mengetahui bagaimana pola pendidikan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah seluruh anggota Jama’ah Tabligh yang berada di Semurup kecamatan Air Hangat Barat kabupaten Kerinci yang dijadikan subjek penelitian dengan kriteria, yaitu keluarga yang keduanya (suami-istri) aktif dalam Jama’ah Tabligh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa metode wawancara yang mendalam terhadap informan dan melakukan observasi/pengamatan langsung. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jama’ah Tabligh desa Semurup melakukan manajemen pada keluarga itu sudah sangat baik tetapi tanggung jawab dan pola pendidikan yang berbeda dikarenakan berbedanya pendidikan orang tua. Adapun kesamaan yang dimiliki dalam pelaksanaan pendidikan agama salah satunya adalah menjadikan Al-Qur’an salah satu materi yang diberikan kepada anak, seperti menghafal surat-surat pendek, selain Al-Qur’an Jama’ah Tabligh juga menjadikan buku fadilah amal sebagai materi pendidikan.
Downloads
References
Adu-Oppong, A. A., Agyin-birikorang, E., Darko, G. M., & Aikins, E. D. (2014). Time Management and Administrative Effectiveness : Lessons for Educational Administrators. Global Journal of Interdisciplinary Social Sciences, 3(4), 76–82.
Carbines, M., Dickinson, A., & McKenzie-Green, B. (2017). The Parenting Journey: Daily Parental Management in Families with Young Children. Comprehensive Child and Adolescent Nursing, 40(4), 223–239. https://doi.org/10.1080/24694193.2017.1373161
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fikri, A., Pohan, M. M., & Anwar, K. (2023). Pesantren Curriculum Management Based On Religious Moderation At Mahad Al Jamiah. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.37758/jat.v6i1.562
Filipek, A. W. (2020). Family as a Fundamental Social Unit Shaping Security Culture: Polish Realities. Security and Defence Quarterly, 30(3), 95–107. https://doi.org/10.35467/sdq/125778
Harahap, I., Rahmani, N. A. B., Pohan, A. M., & Pohan, M. M. (2023). The Influence of Leadership, Work Discipline, and Motivation on Employee Performance with Religiosity as a Moderating Variable. Almana: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.36555/almana.v7i1.2112
Imamuddin, M., Andryadi, & Zulmuqim. (2020). Islamic Education in the Al-Qur’an and Sunnah (Study about the Meaning of Education and Implication for Educator). Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 70–83.
Kamalludin, K. (2018). Pembinaan Keluarga Dalam Perspektif Jamaah Tabligh. Mizan: Journal of Islamic Law, 2(1), 17–46. https://doi.org/10.32507/mizan.v2i1.131
Leavy, P. (2017). Reserach Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.
Orben, A., Tomova, L., & Blakemore, S.-J. (2020). The Effects of Social Deprivation on Adolescent Development and Mental Health. Elsevier, 4(8), 634–640. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30186-3
Sakman, E. (2020). Humans as Social Primates. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-16999-6
Sugiyono, P. D. (2016). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptual dan Operasional. Surabaya: Pustaka Radja.
Ummatin, A. R., Agustini, R., & Yuisman, D. (2021). Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 109–125.
Wafi, M. H., Saputra, M. B., Pohan, M. M., & Hayat, A. P. (2023). Transformation Of The Tahfīdz Tradition In Indonesia: Between Traditional And Contemporary Education. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 8(1), 123–140. https://doi.org/10.29240/ajis.v8i1.6720
Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2020). Konsep Pendidikan Anak Pada Keluarga Jama’ah Tabligh. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 155–172.