Personal Branding Pengawas terhadap Kepercayaan Kepala Madrasah di Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara

  • Tengku Dian Efa Safitri Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Saiful Bahri Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
Keywords: Personal Branding, Kepercayaan Kepala Madrasah, Pengawas Madarasah Kementerian Agama

Abstract

Secara realitas kondisi madrasah yang dimiliki oleh sebahagian madrasah di lingkungan kantor wilayah Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara saat ini masih sangat membutuhkan kehadiran dan keterlibatan pengawas madrasah yang berkompetensi dan professionalitasnya sehingga kehadirannya sebagai pengawas madrasah menjadi dambaan dan harapan madrasah binaanya. Penelitian ini merumuskan tiga masalah utama: bagaimana penerapan personal branding pengawas madrasah dan bagaimana tingkat kepercayaan kepala madrasah terhadap pengawas madarasah serta kendala apa saja yang dihadapi pengawas madrasah dalam penerapan personal branding terhadap kepercayaan kepala madrasah di Kementrian Agama Kabupaten Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data dokumentasi dan wawancara, teknik analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan personal branding pengawas madrasah di Kementerian Agama Kebupaten Aceh Utara dengan menanamkan nilai-nilai (values) positif dalam proses pengawasan yang dilakukan oleh pengawas, menunjukkan keunikan pengawas madrasah dalam proses pengawasan, serta menanamkan kejujuran, kemampuan beradaptasi yang kuat, melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab sikap bertanggung jawab sebagai Kepala  madrasah tingkat MI, MTs dan MA di Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara serta menanamkan semangat, tujuan dan visi pribadi, dan tingkat kepercayaan kepala madrasah terhadap pengawas madarasah di Kementrian Agama Kabupaten Aceh Utara sangat tinggi  serta Tidak ada kendala yang dihadapi pengawas Madrasah dalam penerapan Personal Branding terhadap Kepercayaan Kepala Madrasah di Kementrian Agama Kabupaten Aceh Utara dalam membangun dan memperkuat personal branding hanya saja dalam melaksasnakan pengawasan ada sedikit permasalahan yaitu keterbatasan waktu kepala madrasah seringkali menghadapi keterbatasan waktu dalam melaksanakan supervisi dan pergantian kepala madrasah yang sering terjadi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Latif. (2017). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.

Ahmad Munjin Nasih. (2019). Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama.

Ahmad Sabri. (2020). Perilaku Konsumen, Jakarta: Binarupa Aksara.

Alfiansyah Rijal. (2018). Peranan Pengawas Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Bulukumba. Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bandur, A. (2016). Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain dan Teknik Analisis Data dengan NVivo 11 Plus. Mitra Wacana Media.

B. Suryono Subroto. (2017). Dimensi-dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bima Aksara.

Burhanuddin. (2020). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches. Sage Publications.

Dewi Haroen. (2014). Personal Branding Kunci kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia.

Eki Dwi Putri. (2021). Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah dalam Meningkatan Mutu Madrasah Pada MTs Swasta di Kota Pekanbaru 2021, Tesis: Pascasarjana (PPS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau

Haque-Fawzi, M.G., Iskandar, A.S., Erlangga, H., Nurjaya, H. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, Dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Mahdiyah. (2014). Statistik Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. books.google.com.

Pohan, M., Paini, P., & Lisnani, L. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Lulusan pada Madrasah Tsanawiyah. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 40–50. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i1.2461

Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. In Bandung: CV Alfabeta.

Wafi, M. H., Saputra, M. B., Pohan, M. M., & Hayat, A. P. (2023). Transformation Of The Tahfīdz Tradition In Indonesia: Between Traditional And Contemporary Education. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 8(1), 123–140. https://doi.org/10.29240/ajis.v8i1.6720

Yani, A., Pohan, M. M., Yani, Y. A., & Hayat, A. P. (2023). Work Discipline of Staff in Information Technology and Data Base Units. International Journal of Social Science and Business, 7(3), 1–12. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.52797

CROSSMARK
Published
2024-11-30
DIMENSIONS
How to Cite
Safitri, T. D. E., & Bahri, S. (2024). Personal Branding Pengawas terhadap Kepercayaan Kepala Madrasah di Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 257–270. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i2.4122