Strategi Pemasaran Pendidikan: Analisis Faktor Determinan Pemasaran Pendidikan yang Mempengaruhi Mahasiswa Kuliah di STAIN Bengkalis

  • Khairul Azan Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemasaran pendidikan yang dilakukan di STAIN Bengkalis dan mendeskripsikan faktor determinan pemasaran pendidikan apa saja yang dominan mempengaruhi mahasiswa untuk kuliah di STAIN Bengkalis. Pendakatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa yang tersebar ke dalam 14 Program Studi dengan jumlah populasi 1.590 orang. Untuk menentukan jumlah sampel, penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling dan diperoleh sampel sebesar 309 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan tiga alternatif jawaban (skala likert). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan rumus WMS (Weighted Means Scored). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran pendidikan di STAIN Bengkalis telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata keseluruhan yang meliputi beberapa indikator pemasaran pendidikan yaitu produk, biaya, lokasi, promosi, SDM, bangunan fisik dan proses sebesar 2,27 dengan kategori tinggi. Faktor pemasaran pendidikan yang paling dominan yaitu biaya dengan nilai rata-rata sebesar 2,41 (tinggi), dan disusul oleh faktor produk dengan nilai rata-rata sebesar 2,39 (tinggi), faktor SDM dengan nilai rata-rata 2,32 (tinggi), faktor  lokasi dengan nilai rata-rata 2,30 (tinggi), faktor promosi dengan nilai rata-rata 2,28 (tinggi), faktor proses dengan nilai rata-rata 2,13 (tinggi), dan faktor bangunan fisik sebesar 1,96 (cukup).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrian Payne. (2001). The Essence Of Service Marketing. Diterjemahkan oleh : Fandy Tjiptono, Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Buchari Alma. (2010). Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Creswell, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Din Wahyudin, et al. (2009). Pengantar Pendidikan, cet.17. Jakarta: Universitas Terbuka.

Furqon. (2011). Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Philip Kotler & Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 (Terjemah). Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Philip Kotler. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Rahmat Hidayat & Candra Wijaya. (2017). Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Rambat Lupiyoadi & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ririn Tri Ratnasari & Mastuti Aksa. (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusadi Ruslan. (2003). Manajemen Publik Relation Media Komunikasi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sujadi, E. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 97-108
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yazid. (2003). Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.
Published
2019-06-30
How to Cite
AZAN, Khairul. Strategi Pemasaran Pendidikan: Analisis Faktor Determinan Pemasaran Pendidikan yang Mempengaruhi Mahasiswa Kuliah di STAIN Bengkalis. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 119-128, june 2019. ISSN 2615-6547. Available at: <https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/354>. Date accessed: 14 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.354.