Evaluasi Manajemen Wellness Center Pegawai PT. Pertamina Gas Jakarta

Authors

  • Nourma Try Indriani Universitas Negeri Jakarta
  • James Tangkudung Universitas Negeri Jakarta
  • Hidayat Humaid Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang manajemen Wellness Center pegawai PT. Pertamina Gas Jakarta. Penelitian evaluasi ini menggunakan metode penelitian campuran (Mix-Methode) dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1). Komponen evaluasi yang terdapat pada tahapan context dinilai baik (68,15%). (2). Komponen evaluasi yang terdapat pada tahapan input dinilai cukup (58,76%). (3). Komponen evaluasi yang terdapat pada tahapan process dinilai kurang (55,17%). (4). Komponen evaluasi yang terdapat pada tahapan product dinilai sangat kurang (37,14%). Secara keseluruhan hasil evaluasi manajemen Wellness Center pegawai PT. Pertamina Gas Jakarta diperoleh nilai sebesar 54,87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen Wellness Center pegawai PT. Pertamina Gas Jakarta dinilai kurang. Program ini perlu adanya perbaikan-perbaikan pada aspek tata cara perekrutan pelatih, dan staf, peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana, kinerja staf dan pelatih, dan sosialisasi layanan program Wellness Center.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Sunarno. (2016). “Evaluasi Pogram Pembinaan Intensif Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Utara tahun 2009-2012”. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(1), 1–26. https://doi.org/10.1002/app5.68.
Almalki, S. (2016). Integrating Quantitative and Qualitative Data in Mixed Methods Research—Challenges and Benefits. Journal of Education and Learning, 5(3), 288. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p288.
Arikunto, S., & Jabbar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoretis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aris, Irnanda; Utama, A. (2015). The Effect Of Service Quality Toward Customer Satisfaction On Helios. Jurnal of Business and Management Sciences, 2(3), 2928–2938.
Busyairi, M., Ode, L., & Safar, A. (2014). “Produktivitas Kerja Karyawan”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(09), 112–124.
Chaddha, S. (2016). “Evaluation of a Training Programme: Case Study of a State ATI”. International Journal of Management and Commerce Innovations, 4(1), 479–490. Retrieved from www.researchpublish.com
Cori, C., Paramita, P., & Wijayanto, A. (2012). “Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt . Pln (Persero) Apj Semarang”. Jurnal Administrasi Bisnis, 1, 1–11.
Darodjat dan Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA, XIV, 1–28.
Dianto, A. R. (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di The Body Art Fitness & Aerobic Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(2), 225 – 236.
Eric Soebari. (2016). Kompetensi Orientasi Pelayanan Personal Trainer Atlas Sports Club Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 06(2).

Firdaus, K. (2011). Evaluasi Program Pembinaan Olahraga Tenis Lapangan di Kota. Padang: Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1.
Gas, P. P. (2017). Annual Report PT Pertamina Gas 2017. Retrieved from http://www.pertagas.pertamina.com/%0Ahttp://www.pertagas.pertamina.com/our-profileid-ID
Handoko Dwi Purnomo. (2017). “Kepuasan Member Pada Program Persona Trainer Di Celebrity Fitness Supermall”. Jurusan Pendidikan Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya, 1–9.
Haryadi, W. M., Pratidina, G., & Seran, M. G. (2016). “Studi manajemen pembinaan olahraga sepak bola di klub persatuan sepak bola kota bogor oleh kantor pemuda dan olahraga kota bogor”. Jurnal Geovernansi, 2(April), 41–46.
Hasibuan, M. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Irfandi, & Rahmat, Z. (2017). Manajemen Penjas dan Olahraga. Surakarta: Yuma Pustaka.
Jane, D. . (2005). Evaluation Methodology Basics: The Nuts, and Bolts of Sound Evaluation. California: Sage Publications.
Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.
Kusuma, B., & Efranto, R. Y. (2011). “(Studi Kasus Pada Perusahaan PT . Petrokimia Gresik) The Influence Of Occupational Health And Safety Against (Case Study Perusahaan PT . Petrokimia Gresik)”. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(5), 1100–1111.
Lukito, F., & Brahmana, K. M. R. (2007). Pengaruh Workout Motives Dan Perfromance Service Quality (Servperf) Terhadap Willingness To Pay Premium Melalui Variabel Attitude , Pada Fitness Center Yang Berada Pada Mall Di Surabaya. Universitas Kristen Siwalankerto.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1).
Mohamad Fakhri Afriansyah. (2016). Tingkat Kepuasan Members Fitness Terhadap Pelayanan Di Tempat Kebugaran Balai Kesehatan Olahraga Dan Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (Bkor-Pippm) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 06(2).
Pelana, R. (2017). Persepsi Atlet Terhadap Sdm Pplm Tentang Prestasi Atlet. Gladi Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 765. https://doi.org/10.21009/gjik.072.03
Presiden Republik Indonesia. (2007). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan. Jakarta.
Ridhotulla, S., & Jauhar, M. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Rumah Sakit Pertamina Jaya. (2015). Program Employe Exercice Center. Jakarta.
Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Stufelbeam, D. L., & Chris LCoryn. (2014). Evaluation Theory Model, and Application. United States Of America: Jossey Bass.
Sujadi, Eko., Meditamar, Muhd. Odha., Ahmad, Bukhari., Rahayu, Anita. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Locus of Control Terhadap Motivasi Berprestasi. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 1 (1): 32-51. dx.doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4808
Sujadi, Eko Sujadi., Ayumi, Rinda Tri., Indra, Syaiful., Sumarto., MRA, Raja Rahima. (2018).Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavioral untuk Membentuk Internal Locus of Control. Jurnal Fokus Konseling, 2 (2): 176-184. https://doi.org/10.26638/jfk.626.2099
Sule, E. T., & Saefullah, K. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Tae Kim, K., Bae, J., Kim, J.-C., & Lee, S. (2016). The Servicescape in the Fitness Center: Measuring Fitness Center’s Services. International Journal of Sport Management, Recreation & Tourism, 21, 1–20. https://doi.org/10.5199/ijsmart-1791-874x-21a
Tiantong & Tongchin. (2013). A Multiple Intelligences Supported Web-based Collaborative Learning Model Using Stufflebeam’s CIPP Evaluation Model. International Journal of Humanities and Social Science, 3(7), 157.
Torang, S. (2014). Organisasi & Manajemen (Prilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta.
Umam, K. (2012). Manajemen Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Vebrianto, R. (2018). Pengaruh Lingkungan Negatif Terhadap Kedisiplinan Siswa SD Negeri 134 Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 221–228.
Wahidah, I. (2013). Kontribusi Manajemen Fasilitas Dan Mutu Layanan Terhadap Prestasi Olahraga Sepakbola. FKIP UNSIL Tasikmalaya, 01.
Wahyuni, N., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt . Kutai Timber Indonesia ( Studi Kasus Pada PT. Kutai Timber Indonesia Kota Probolinggo ). 12, 99–104. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7593
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Yunida, E., Sugiharto, & Soenyoto, T. (2017). Manajemen Pembinaan Merdeka Basketball Club (MBBC) Pontianak Kalimantan Barat Tahun 2016 Abstrak. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 125–132.

Published

2019-12-05