Analysis of Communication Patterns and Teachers' Language Politeness in Improving Basic Literacy of Students in Senior High Schools (SMA) in Jambi City

Authors

  • Helty Helty Universitas Jambi
  • Nazurty Nazurty Universitas Jambi
  • M. Haris Effendi HSB Universitas Jambi
  • Friscillawulan T. Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v21i1.4959

Keywords:

Basic Literacy, Communication Patterns, Language Politeness, Teachers, Senior High School

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi guru dan kesantunan berbahasa dalam meningkatkan literasi dasar siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Jambi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya literasi dasar siswa yang meliputi keterampilan membaca, menulis, dan berhitung, serta pola komunikasi guru yang kurang efektif yang cenderung satu arah dan kurangnya kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain survei, melibatkan 15 guru SMA di Kota Jambi yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang efektif, seperti komunikasi dua arah, instruksi yang jelas, dan umpan balik yang membangun, berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan literasi dasar siswa. Pola komunikasi tersebut meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, kepercayaan diri, dan partisipasi aktif dalam kegiatan literasi. Selain itu, kesantunan berbahasa guru, yang mencakup penggunaan bahasa yang penuh rasa hormat, menghargai, dan sesuai dengan norma sosial, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi, dan menumbuhkan ikatan emosional yang positif antara guru dan siswa. Temuan ini menyoroti pentingnya mengembangkan keterampilan komunikasi dan kesantunan berbahasa sebagai bagian integral dari strategi pembelajaran untuk meningkatkan literasi dasar siswa. Studi ini juga merekomendasikan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh teknologi komunikasi dan peran lingkungan keluarga dalam mendukung literasi dasar siswa. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Kesantunan Berbahasa, Literasi Dasar, Guru, Sekolah Menengah Atas, Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Astuti, D., & Aminatun, T. (2020). Student’s environmental literacy based on Adiwiyata and non-Adiwiyata at senior high school in Sleman, Yogyakarta. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(3), 375–382. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.13629

Christian & Phyll., (2022). Teacher’s Linguistics Politeness in Classroom Interaction: A Pragmatic Analysis. https://www.researchgate.net/publication/364254162_Teachers'_Linguistic_Politeness_in_Classroom_Interaction_A_Pragmatic_Analysis

Creswell, J. W. (2017). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1–634.

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.

Devi, L. (2015). Proses Komunikasi Interpersonal Ibu Yang Bekerja Dalam Pembentukkan Sikap Konatif Anak. E-Komunikasi, 3(1), 1–10.

Dhillon & Kaur. (2021). Self- Assessment of Teacher’s Communication Style and Its Impact on Their Communication Effectiveness: A Study of Indian Higher Educational Institutions. Self-Assessment of Teachers’ Communication Style and Its Impact on Their Communication Effectiveness: A Study of Indian Higher Educational Institutions (sagepub.com). https://doi.org/10.1177/21582440211023173

Dwi, L. W., Yunus, S., NasuchaYakub, & Atiqa, S. (2023). Language Politeness and Character Educational Values on the Literacy Module Text for Elementary School Students as a Part of AKSI Application Issued by the Ministry of Education and Culture. International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022), 2428–2450. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_193

Fakhruroji. (2008). Pola Komunikasi dan Model Kepemimpinan Islam.

Gunawan, F. (2014). Representasi Kesantunan Brown Dan Levinson Dalam Wacana Akademik (Brown And Levinson’s Politeness Representation In Academic Discourse). Representasi Kesantunan Brown Dan Levinson Dalam Wacana Akademik | Gunawan | Kandai (Kemdikbud.Go.Id)

Guralnick, M. J. (2011). Why early intervention works: A systems perspective. Infants & Young Children, 24(1), 6–28. https://doi.org/10.1097/IYC.0b013e3182002cfe

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hartati, M., Ario, F., Nurhafni, N., Imayanti, R., & Adrian, Y. (2020). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Tahun 2020, Edisi Revisi. Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Juniaris, A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Kemandirian. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4860–4874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2812

Jones, A. (1995). Teori Pembelajaran Konstruktivis Dan TI. Teknologi Informasi Dan Masyarakat , 249-265.

Lestari, W. D., Sulistyono, Y., Nasucha, Y., & Sabardila, A. (2023). Language Politeness and Character Educational Values on the Literacy Module Text for Elementary School Students as a Part of AKSI Application Issued by the Ministry of Education and Culture. International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022), 2428–2450. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_193

Mantasiah, Yusri. (2017). The Influence of Teacher’s Language Politeness in Improving Student’s Academic Motivation. https://www.researchgate.net/publication/323179610_ The_Influence_of_Teacher's_Language_Politeness_in_Improving_Student's_Academic_Motivation.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

Morrow, L. M. (2001). Literacy development in the early years: Helping children read and write. Allyn & Bacon.

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2–1), 88–102. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/354

Ningtyas, R. K. (2021). Konsepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Profil Pelajar Pancasila. Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. (2023). Pisa 2022 Results. In Factsheets: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/

Okwuru, C.P. 1, Et, A. (2011). Handbook Of Communication In Organisations And Professions. 11(2), 10–14. Https://doi.org/10.16194/J.Cnki.31-1059/G4.2011.07.016

Peregoy, S. F., Boyle, O. F., & Martinez, G. (2011). Reading, writing, and learning in ESL: A resource book for teaching K‐12 English learners. Wiley Online Library.

Pianta, R. C., & Stuhlman, M. W. (2019). Teacher-child relationships and children’s success in the first years of school. School Psychology Review, 33(3), 444–458.

Plano Clark, V. L., & Creswell, J. W. (2015). Understanding research: A consumer’s guide. (No Title).

Setiawan, H. (2017). Bagaimana Wujud Kesantunan Berbahasa Guru? Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2003

Setiawan, H. (2017). Wujud Kesantunan Berbahasa Guru: Studi Kasus di SD Immersion Ponorogo. JURNAL GRAMATIKA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 145–161. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2003

Downloads

Published

2025-06-30