E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.665Keywords:
Penelitian Pengembangan, E-LKPD, TPACK, ADDIEAbstract Pengembangan E-LKPD berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dapat menjadi sebuah terobosan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah endeskripsikan proses pengembangan dan uji kelayakan E-LKPD berrbasis TPACK pada mata pelajaran Fisika. Penelitian ini merupakan penelitin dan pengembangan dengan mengembangakan media E-LKPD berbasis TPACK menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi mediadan materi bersama ahli. Berdasarkan hasil pengembangan diketahui bahwa media pembelajaran E-LKPD yang dihasilkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Fisika kelas X materi Suhu dan Kalor. Menurut penilaian para ahli media dan materi serta responden, masing-masing memberi skor untuk penilai dari ahli media diperoleh skor sebesar 96,42%, sedangkan skor penilaian dari ahli materi sebesar 100%. Kemudian dari respon guru diperoleh 88,39% dan respon peserta didik 93%. Skor tersebut termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Pada penelitian ini proses pengembangan E-LKPD hanya memuat materi Suhu dan Kalor saja, sehingga selanjutnya dapat dikembangkan media pada materi lainnya.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka cipta
Boisandi & Anita (2017). Pengembangan modul eksperimen fisika material sollar cell berbasis TPACK. Jurnal Edukasi, 15(1).
Branch, R. M. 2009. Instructional Design: ADDIE. London: Springer.
Cahyaningrum, R. D., Nurjayadi, M., Rahman, A. (2017). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 59-65.
Charlina & Septyanti, E. (2019). Development of Work Sheets for Student (LKPD) in Writing Explanation Text. ELS Journal on Interdisciplinary Studies on Humanities, 2(4), 515-528.
Huda, Sulisworo, & Toifur (2017). Analisis buku ajar termodinamika dengan konsep technologikal pedagogical and content knowledge (TPACK) untuk penguatan kompetensi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1). Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sastradika, D., & Jumadi. (2018). Development of subject-specific pedagogy based on guided inquiry about newton ’ s law to improve senior high school students ’ scientific literacy ability Development of subject-specific pedagogy based on guided inquiry about newton ’ s law to improve sen. In Journal of Physics: Conference Series (pp. 1742–6596). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012017 .
Setiawan, M. E. (2017). Pengembangan Buku Ilmiah Populer Untuk Masyarakat Pencinta Alam Melalui Ekplorasi Tumbuhan Survival di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Thesis: Universitas Negeri Malang).
Setiawan, M. E., Musdizal, M., Suhadi, S., Sastria, E., Haryanto, T., Novinovrita M, N. M., Angela, L., Lardiman, H., Ahmad, B., & Habibi, M. (2020). The Practicality and Validity of the opular Scientific Book Development ‘Survival Plants’. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 9970-5000.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulman, F. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Dan Motivasi Awal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 12 Padang. Universitas Negeri Padang.
Sutrisno. (2012). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.
Boisandi & Anita (2017). Pengembangan modul eksperimen fisika material sollar cell berbasis TPACK. Jurnal Edukasi, 15(1).
Branch, R. M. 2009. Instructional Design: ADDIE. London: Springer.
Cahyaningrum, R. D., Nurjayadi, M., Rahman, A. (2017). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 59-65.
Charlina & Septyanti, E. (2019). Development of Work Sheets for Student (LKPD) in Writing Explanation Text. ELS Journal on Interdisciplinary Studies on Humanities, 2(4), 515-528.
Huda, Sulisworo, & Toifur (2017). Analisis buku ajar termodinamika dengan konsep technologikal pedagogical and content knowledge (TPACK) untuk penguatan kompetensi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1). Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sastradika, D., & Jumadi. (2018). Development of subject-specific pedagogy based on guided inquiry about newton ’ s law to improve senior high school students ’ scientific literacy ability Development of subject-specific pedagogy based on guided inquiry about newton ’ s law to improve sen. In Journal of Physics: Conference Series (pp. 1742–6596). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012017 .
Setiawan, M. E. (2017). Pengembangan Buku Ilmiah Populer Untuk Masyarakat Pencinta Alam Melalui Ekplorasi Tumbuhan Survival di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Thesis: Universitas Negeri Malang).
Setiawan, M. E., Musdizal, M., Suhadi, S., Sastria, E., Haryanto, T., Novinovrita M, N. M., Angela, L., Lardiman, H., Ahmad, B., & Habibi, M. (2020). The Practicality and Validity of the opular Scientific Book Development ‘Survival Plants’. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 9970-5000.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulman, F. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Dan Motivasi Awal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 12 Padang. Universitas Negeri Padang.
Sutrisno. (2012). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.
Downloads
Published
2020-12-09
Issue
Section
Articles