IMLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 4 AIRPURA

  • Eka Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Yuserizal Bustami Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Pola pendidikan yang bersifat formal, dimana anak-anak akan dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sosialisasi dengan lingkungan sekolah. Kemudian, proses pembelajaran ekstrakurikuler pendidikan agama merupakan pendalaman, penguatan, pembiasaan serta perluasan dan pengembangan dari kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan dalam bentuk tatap muka atau non tatap muka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 4 Airpura untuk menguatkan pemahaman AlQuran. Pengabdian menggunakan metode pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data yang digunakan bersifat deskriptif yaitu berupa gejala-gejala yang dapat dikategorikan atau berupa bentuk lainya seperti berbentuk kata-kata, gambar-gambar, dokumen pasa saat proses penelitian di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1. Wawancara, dan 2. Dokumentasi. Kemudian data yang ada dianalisis melalui beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler BTQ diadakan guna menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab kepada siswa. Siswa yang sedikit demi sedikit bisa membaca AlQur’an di sekolah, karena lingkungan yang mendukung dan tambahan les mengaji sepulang sekolah. Siswa dan siswi yang mengamalkan pentingnya sopan santun terhadap yang lebih tua. Tolak ukur kesuksesan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler BTQ serta pengimplementasian kandungan Al Qur’an yang di dalamnya menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa ada beberapa faktor yaitu guru menjadi teladan untuk para anak didiknya, guru membiasakan senyum, salam, dan sapa, guru juga membiasakan shalat dengan tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, hal ini menunjukkan perilaku yang dicontohkan di dalam materi Al Qur’an baik bermodal dari pembiasaan atau praktik. Adanya contoh dari guru membantu siswa untuk lebih terbiasa dalam melaksanakan dan mengimplementasikan isi kandungan Al-Qur’an, seperti halnya; sholat tepat waktu, dan sopan santun. Pelaksanaan ekstrakulikuler BTQ juga membantu para siswa untuk sedikit demi sedikit dapat lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an serta memotivasi mereka untuk lebih rajin dalam mengikuti TPA di lingkungan rumah masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-undang Sisdiknak.Catatan Ketiga. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam

Anggraini, Subadi. 2015. Pengelolaan Tata Tertib Sekolah Menengah Pertama. 27(2): 144-151. Di Akses Pada 12 Agustus 2019 Dari Https://Journals.Ums.Ac.Id/Index.Php/Varidika/Article/View/1726

Harsono, Hanifah. 2002. Implementasi Kebijakan Dan Polik. Jakarta: Rineka Cipta. Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006), Hlm. 125

Khusairi, H., & Sarmigi, E. (2022a). Peluang Wisata Budaya Dan Religi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Pengaruh Budaya Kenduri Tuai Padi Dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kerinci). Penerbit Qiara Media.

Khusairi, H., & Sarmigi, E. (2022b). The Effect of Tuai Padi Culture and Religiosity on The Public Welfare in Kerinci Regency. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 4(2), 289–305.

Ravico, R., Deza, A. M., Siregar, A. D., Alfian, M., Angela, L., Tiara, T., ... & Asbufel, F. Sarmigi, E. (2023). PENANAMAN NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 215/III DESA KEBUN BARU. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 48-56.

Sarmigi, E. (2020). Analisis pengaruh Covid-19 terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Kerinci. Al-Dzahab: Journal of Economic, Management and Business, & Accounting, 1(1), 1–17.

Sarmigi, E., Ayudia, W., & Putra, F. E. (2022). AKAD DALAM TRANSAKSI EKONOMI SYARIAH. Istishab: Journal of Islamic Law, 3(02), 1–10.

Sarmigi, E. (2022). Gerakan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Era Covid-19. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah, 2(1), 24–35.

Sumanti, E., Nilda, E., dan Syarif, D. 2021. Kesadaran Pentingnya Menabung Sejak Dini di Sekolah Dasar Nomor 040/XI Desa Koto Limau Manis. Vol 01 (I): 1-4

CROSSMARK
Published
2023-01-15
DIMENSIONS