PENDAMPINGAN UMKM DESA KEDUNGSARI MELALUI STRATEGI REBRANDING DAN DIGITAL MARKETING GUNA MENGEMBANGKAN JARINGAN PEMASARAN
Abstrak, Pendahuluan, Pembahasan, Identifikasi Masalah, Metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta referensi
Abstract Keberadaan usaha kecil di Indonesia semakin diakui, terutama sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995. UMKM memainkan peran penting dalam menopang perekonomian nasional. Namun, tantangan signifikan yang dihadapi UMKM adalah adaptasi terhadap pemasaran digital di era Revolusi Industri 4.0. Kurangnya literasi teknologi dan penguasaan media sosial menjadi kendala utama dalam memperluas jangkauan pasar. Dalam upaya mendukung pengembangan UMKM, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kedungsari berfokus pada pendampingan digital marketing dan rebranding. Melalui metode ABCD (Asset-Based-Community Development), tim KKN memberikan pelatihan terkait penggunaan media sosial dan pembuatan logo untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing produk UMKM. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu UMKM memanfaatkan teknologi digital, memperluas pasar, serta meningkatkan penjualan dan pertumbuhan usaha secara berkelanjutan.
Downloads
References
Hadi, D. F. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Jurnal Competitive, 16(1), 32–41.
Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.
Hayati, A. N. (2021). Analisis Tantangan Dan Penegakan Hukum Persaingan Pada Sektor E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 21(1), 109–122.
Jony, Sitorus, S. A., Fadlullah, K. F. H. B. P., Basmar, E., Sugiarto, H. M., Simanjutak, M., & Sariyanto. (2021). Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Yayasan Kita Menulis.
Munandar, D. (2022). Digital Marketing. Cipta Media Nusantara.
Sembiring, S. (2015). Hukum Dagang. Citra Aditya Bakti.
Sofiyana, M. S., Lestari, L. D., Triamini, M. H., Faizah, A. I., & Ardiyansyah, V. R. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatan Pemasaran UMKM Di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. APTEKMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 96–100.
Winata, D. H., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Rebranding Terhadap Loyalitas Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada PO Sugeng Rahayu). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 327–333.