ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BMT ALFA DIRHAM MANDIRI DUKUPUNTANG

  • Istighfarah Istighfarah Universitas Negeri Islam Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Wartoyo Wartoyo Jurusan Perbankan Syariah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Eef Saefulloh Jurusan Perbankan Syariah UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Peception, Musyarakah, Financing, BMT

Abstract

ABSTRACT The research was conducted with the aim of analyzing customer perceptions and the factors that influence them towards musyarakah financing provided by BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang and the efforts made to improve the quality of musyarakah financing. This study uses a qualitative approach with the Field Research method through the collection of primary and secondary data. The results of this study show that customer perceptions of musyarakah financing at BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang received a positive response. Customer perceptions are influenced by product or service quality, effective communication, personal experience, cultural or social factors, perceptions of belief, perceptions of security, targets and situations, and perceptions of sharia compliance. And efforts made to improve the quality of profit-sharing financing have several strategies, namely: Educating Customers, Promotion and Socialization (This is used in marketing strategies); Then the strategy used to improve its quality is to use Transparency to customers, Prioritizing customers who have businesses that have been running for more than 3 months, Ease of application process, Communicating well with customers. Keywords: Peception, Musyarakah Financing, BMT ABSTRAK Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk ntuk menganalisis persepsi nasabah dan faktor-faktor yang mempengaruhinya terhadap pembiayaan musyarakah yang diberikan oleh BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembiayaan musyarakah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Field Research melalui pengumpulan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini bahwa persepsi nasabah terhadap pembiayaan musyarakah di BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang mendapatkan respon yang positif. Persepsi nasabah dipengaruhi oleh kualiatas produk atau layanan, komunikasi yang efektif, pengalaman pribadi, faktor budaya atau sosial, persepsi keyakinan, persepsi keamanan, target dan situasi, dan persepsi kepatuhan syariah. Dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembiayaan bagi hasil memiliki beberapa strategi, yaitu: Mengedukasi Nasabah, Promosi dan Sosialisasi (Hal itu digunakan dalam strategi pemasaran); Lalu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitasnya yaitu menggunakan Transparansi kepada nasabah, Mendahulukan nasabah yang memiliki usaha sudah berjalan lebih dari 3 bulan, Kemudahan dalam proses pengajuan, Berkomunikasi yang baik dengan nasabah.. Kata Kunci : Persepsi, Pembiayaan Musyarakah, BMT              

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiffudin, M. A. (2023). Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Syariah Pada KSPPS BMT Anfa’NU Kabupaten Magelang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 876-884.

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. PINCIS, 1, 1–14.

Arizon, N. (2023). ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA MIKRO PADA BMT AL-AMAL BENGKULU.

Azwar. (2015). Industri Perbankan Syariah Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015: Peluang dan Tantangan Kontemporer, BDK Makassar.

Fai. (2022, December 4). Metode Penelitian Kualitatif Adalah. Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara. https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/

Fariskha, T. S. (2021). PERAN BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM DOKUMENTASI KEGIATAN PEMERINTAH KOTA BOGOR. IPB Bogor.

Hakim, L. (2021). Manajemen Perbankan Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Hani’in, U., & Santosa, H. (2022). Pengaruh Pelayanan, Produk Pembiayaan, dan Persepsi Nasabah Terhadap Minat Produk Pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Samara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3676-3680.

Islami,A, (2021). Analisis Jaminan dalam Akad-Akad Bagi Hasil (Akad Mudharabah dan Akad Musyarakah) di Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. 4(1). 1-22.

Iqlima, S. N. (2021). STUDI KELAYAKAN OBSERVATORIUM AL AFAQ UIN MATARAM UNTUK OBSERVASI BENDA-BENDA LANGIT.

Karim, A. (2010). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, hal 87.

Karnowati, N.B., dan E. Handayani. 2021. Emotional Branding Pembelian Sepeda Lipat di Era Covid-19. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 1-13.

Kartika, D. (2017). Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Perbankan Syariah Atas Bagi Hasil Dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Surakarta Angkatan 2014-2016. Skripsi IAIN Surakarta.

KNEKS. (2025, April). Sharing Platform Keuangan Mikro Syariah Berbasis Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Diambil kembali dari KNEKS: https://kneks.go.id/isuutama/8/

Martina, M. (2020). Persepsi nasabah terhadap sistem bagi hasil di Lembaga Keuangan Mikro Syariah: studi kasus pada BMT Ash-Shaff Taman Indah Pringgarata Lombok Tengah (Doctoraldissertation, UIN Mataram).

Maruta, H. (2016). Akad Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah serta Aplikasinya dalam Masyarakat. IQTISHADUNA:Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol 5 N, 83-84

Medias, F., Jannah, N., & Kurniasih Pratiwi, E. (2017). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) Melalui Baitu Maal wa Tamwil di Kabupaten Magelang. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 37-43.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat. 12(3). 145-151.

Melina, F. (2020). PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT). Tabarru, 3, 2-2.

Misra, I., Ragil, M., 7 Fachreza, M. I., (2021). Manajemen Perbankan Syariah (Konsep dan Praktik Perbankan Syariah di Indonesia). Yogyakarta: Penerbit K-Media. Hal 29-30.

Murabahah, dan Musyarakah Pengaruhnya Terhadap Laba Bersih BUS di Indonesia. Jurnal Islaminomic, Vol. 6 No., 123–124.

Naim, M. R., & Asma. (2019). Pengantar Manajemen. Penertbit Qiara Media.

Nasution, M. L. I. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah, (Sumatera Utara, Medan: FEBI UIN-SU Press, 2018). 1-4.

Nurnasrina, & Putra, P. A. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Panam-Pekanbaru: Cahaya Firdaus. Hal 2.

Otoritas Jasa Keuangan. (2025, April). Statistik Perbankan Syariah – Juli 2024. Diambil kembali dari Otoritas Jasa Keuangan: https://ojk.go.id/id/data-dan-statistik/laporan-tahunan/default.aspx

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI DARING DAN LURING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SUGIHAN 03 BENDOSARI. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728

Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Sardanto, R., Meilina, R., & Muslih, B. (2018). Membangun Persepsi Publik Melalui City Branding.Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Kediri.

Salmaa. (2023, April 4). Penelitian Empiris : Definisi, Jenis, Ciri, Tujuan, dan Contoh. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-empiris/

Sari, N. E., & Wirawan, Y. R. (2017). Persepsi Nasabah tentang Prinsip Syariah dan Penerapan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 120-125).

Sipayung, T., & Syahreza, B. (2021). Analisis Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Oppo (Studi Kasus Pada Toko Tia Ponsel Di Kota Pematangsiantar). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 3(1), 1-14.

Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2). 175.

Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 175.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, A. 2019. Bahasa Siang Generasi Muda Dalam Media Sosial di Era Milenial. 45-54.

Suprapto, R., N. I. Susanti., dan Z. Ferikha. 2022. Januari. Pengaruh Faktor Sosial, Budaya Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di Bmt Ugt Sidogiri Capem Sempu. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, Vol.2 / No. 1 : 28-29.

Syahputra, A. (2017). Analisis persepsi pedagang kecil pada pembiayaan musyarakah dan pelaksanaan sistem bagi hasil di bmt masyarakat madani sumatera utara (Doctoraldissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Utama, A., Widigdyo, A., & Widayani, A. (2023). Metode Perekrutan Karyawan UKM Melalui Wawancara Dengan Pendekata Visi, Misi, dan Nilai Perusahaan. PANDITA, 6(1), 1–8.

Zubair, M. K. (2017). Mekanisme Bagi Hasil pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Persepsi Nasabah tentang Pembiayaan Bagi Hasil). INFERENSI, 5(1), 51-61.

CROSSMARK
Published
2025-10-02
DIMENSIONS
How to Cite
Istighfarah, I., Wartoyo , W. ., & Saefulloh , E. (2025). ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DI BMT ALFA DIRHAM MANDIRI DUKUPUNTANG . Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 6(2), 99–116. https://doi.org/10.32939/fdh.v6i2.5420