Metode Dakwah Guru Tahfidz dalam Membina Akhlak Santri di Rumah Tahfidz al-Qur’an Habibah Tapan

  • Yuda Sastra Janata IAIN Kerinci
  • Fauzi Fauzi IAIN Kerinci
  • Ivan Sunata IAIN Kerinci
Keywords: Metode Dakwah, Membina Akhlak Santri, Rumah Tahfidz

Abstract

Metode adalah cara yang digunakan atau ditempuh untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan, metode dakwah berarti cara yang digunakan seorang da’i dalam menyampaikan pesan dakwah atau ajaran Islam untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) bagaimana pengetahuan guru tahfidz terhadap metode dakwah; (2) bagaimana metode dakwah guru tahfidz; (3) bagaimana pengaruh metode dakwah guru tahfidz. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif pendekatan evaluatif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (Purposive sampel), dengan informan dalam penelitian ini adalah ketua pengurus rumah tahfidz al-Quran Habibah Tapan, anggota rumah tahfidz dan penjuru dakwah rumah tahfidz al-Quran Habibah Tapan yang memahami terkait tentang permasalahan yang dibahas dalam masalah ini. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Temuan dalam penelitian ini yaitu bagaimana metode dakwah guru tahfidz dalam membina akhlak santri di rumah tahfidz al-Quran Habibah Tapan dengan menggunakan metode dakwah Mauidzah hasanah ialah suatu dakwah melalui nasehat dengan perkataan yang lemah lembut dan penuh kasih sayang. Adapun metode pembinaan akhlak yang digunakan oleh guru tahfidz dalam membina akhlak santri di rumah tahfidz al-Quran Habibah Tapan ialah metode teladan (uswah), metode pembiasaan (ta’widiyah), metode nasehat (mauidzah), metode cerita (qishash), metode perumpamaan (amtsal), dan metode ganjaran (tsawab). Metode tersebut dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai moral serta etika bersosial baik dalam lingkungan rumah tahfidz al-Quran Habibah Tapan maupun masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduloh, A. Y., & Suhada, D. (2021). Manajemen Dakwah Rumah Tahfidz Daarul Mu’minin Kota Tasikmalaya. Jurnal Nahdlatul Fikr, 3(1), 2.

Indrawati. (2013). Santun Berbahasa dalam Berdakwah. Wardah, 14(1), 46.

Masduki, & Anwar, S. S. (2018). Filosofi Dakwah Kontemporer. PT. Indragiri Dot Com.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, N. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik dan Realisme Metaphisik. Rake Sarasin.

Munir, M., Mujiati, N., & Sunata, I. (2021). Persuasi Dakwah Youtube Pada Mahasiswa Islam di Kota Surabaya Selama Pandemi. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, 5(9), 2.

Sari, A. P. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Rumah Qur’an Insan Mulia dalam Membentuk Kepribadian Santri di RT. 31 Kelurahan 16 Ulu Kota Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sirait, A. M. (2018). Metode Mau’idzah Hasanah dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah Menurut Tafsir al-Misbah. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sunata, I. (2017). Konsep Dakwah dalam Memelihara dan Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Hutan (Studi Kasus di Kabupaten Kerinci). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(2), 47.

CROSSMARK
Published
2022-07-08
DIMENSIONS
How to Cite
Janata, Y. S., Fauzi, F., & Sunata, I. (2022). Metode Dakwah Guru Tahfidz dalam Membina Akhlak Santri di Rumah Tahfidz al-Qur’an Habibah Tapan. Journal of Da’wah, 1(1), 42–53. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1291
Section
Articles