Analisis Nilai-Nilai Dakwah dalam Novel Islammu Adalah Maharku Karya Ario Muhammad, PhD

  • Dendy H Nanda IAIN Kerinci
  • Fauzi Fauzi IAIN Kerinci
  • Gita Aresia IAIN Kerinci
Keywords: Nilai Dakwah dalam Novel, Ario Muhammad

Abstract

Artikel ini membahas tentang analisis nilai-nilai dakwah dalam novel Islammu adalah maharku. Novel ini mengajak umat muslim untuk menanamkan nilai-nilai dakwah dan bagaimana cara atau metode berdakwah dalam menjalani kehidupan. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah yaitu apa saja nilai-nilai dakwah dalam novel Islammu Adalah Maharku dan bagaimana metode berdakwah tokoh Syakila dalam novel Islammu Adalah Maharku. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian analisis isi. Adapun unit analisisnya sumber informasi yang akan diolah pada tahap analisis, dengan menganalisis nilai-nilai dakwah dan metode dakwah dalam novel Islammu Adalah Maharku. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai-nilai dakwah meliputi tiga aspek yaitu nilai keikhlasan, nilai kejujuran, dan nilai kerja keras. Nilai keikhlasan terkait erat dengan berserah diri atas takdir Allah SWT. Nilai kejujuran terbagi menjadi tiga yaitu pelurusan akidah, berperilaku jujur dan tidak menyakiti orang, jangan merusak bumi. Nilai kerja keras seperti pepatah siapa yang bersungguh-sungguh dialah yang pasti dapat dan bagaimana metode berdakwah tokoh Syakila dalam novel Islammu Adalah Maharku meliputi, mad’u atau sasaran dakwah dalam novel ini cenderung kepada pembaca, maddah atau materi dakwah dalam novel ini dibuat oleh Ario Muhammad, PhD melalui peran tokoh Syakila, media yang digunakan tokoh Syakila dalam berdakwah lebih condong menggunakan media lisan dan perbuatan, metode dakwah tokoh Syakila meliputi Bil Hikmah, Mauidzah Al Hasanah, dan Bil Mujadalah dan efek dakwah yang dihasilkan akan dirasakan oleh pembaca novel secara berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Masyarakat Masih Memilih Buku Fisik daripada E-Book, https://tirto.id//masyarakat-masih-memilih-buku-fiksi-daripada-e-book end. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2021.

Basit, Abdul. 2006. Wacana Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: STAIN.

Boat, N., Moses, B. V., David, A., Knights, M., & Jonah, A P. (n.d.). 2015. Sastra Qur'ani dan Tantangan Sastra Islam Di Indonesia, 1260-1279.

Haris Syam, Yunus. 2008. Quantum Ikhlas. Jakarta: Optimus.

Klaus, Krippendorf. 1991. Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi (Terjemah Content Analysis: Introduction To Its Theory And Metodology, Penerjemah Farid Wajidi. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

—. Teori Pengkajian Fiksi. 1995. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma'ruf dan Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. 2017. Pengkajian Sastra. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Sari, Nurmalia. 2017. Kekerasan Perempuan dalam Novel Bak Rambut Dibelah Tujuh Karya Muhammad Makhdlori. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pelajarannya, 1(2).

Semi, Atsar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Syukur, Abdul. 2013. Dahsyatnya Sabar, Syukur, dan Ikhlas. Yogyakarta: Sabil.

Taufiqurrohman. 2020. Ikhlas dalam Perspektif al-Qur’an (Analisis Terhadap Konstruk Ikhlas Melalui Metode Tafsir Tematik. Eduprof: Islamic Education Journal, 1(2).

CROSSMARK
Published
2022-07-08
DIMENSIONS
How to Cite
Nanda, D. H., Fauzi, F., & Aresia, G. (2022). Analisis Nilai-Nilai Dakwah dalam Novel Islammu Adalah Maharku Karya Ario Muhammad, PhD. Journal of Da’wah, 1(1), 107–132. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1300
Section
Articles