Penerapan Fungsi Perencanaan (Planning) dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Ambai

  • Mauliyani Mauliyani Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstrak

This research aims to find out how the Planning Function is implemented in the Moral Development of Santri at the Al-Mukhtariyah Ambai Islamic Boarding School. The results of the research show that the moral condition of the students at the Muktariah Ambai Islamic boarding school is generally good. The implementation of the planning function has been implemented well, starting with a vision and mission that produces a generation of students who are visionary, professional and have the skills to face global challenges based on faith and piety. As well as creating generations who excel and are clever in various fields as well as a young generation who have akhlatul kharimah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afdhal, M. D. (2022). MANAJEMEN: Prinsip Dasar Memahami Ilmu Manajemen. Padang sumatra barat: Get Press Indonesia.

Al-Bahra bin Ladjamuddin, R. T. (2017). ANALISA TERHADAP PEMAHAMAN AKHLAQ TERHADAP DIRI SENDIRI, SERTA BAGAIMANA IMPLEMENTASINYA DALAM REALITAS KEHIDUPAN (akhlak kepada diri sendiri). jurnal menajemen dakwah, 134-143.

Atabik, A. (2016). MANAGEMEN DAKWAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN. TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah, 131-146.

Abdurrahman, S. (2015). Metode Penelitian (Suatu Pemikiran dan Penerapan). Jakarta: Rineka Cipta.

Addasuqy, & Muhtarom, Z. (2020). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Andriani, D. (2015). Metode Penelitian. Jakarta:Universitas Terbuka.

Arikunko, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gung Persada.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. . Jakarta: Rineka Cipta, .

Dhuhani, E. M. (2018). Menajemen pondok pesantren; studi pengelolaan santri mualaf di pondok pesantren al-anshar ambon. Jurnal Fikratuna, 54-70.

Disa Halsa, H. D. (2022). Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jurnal Manajemen dan Sains, 663-667.

Desiana. (2012). Metodologi Penelitian. Sungai Penuh: STAIN Kerinci.Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kulitatif,. Jakarta: Rajawali Pers,.

Edison, O. G. (2022). Hubungan Personal Hygiene dan Kepadatan Hunian Terhadap Kejadian Penyakit Kulit di Pondok Pesantren Al-Mukhtariah A. Jurnal Kesehatan Saintika Meditori, 126-132.

Fransiska Farah Rahmawati, A. Z. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN SANTRI PADA PONDOK PESANTREN RIYADHUSSHOLIHIIN KABUPATEN PANDEGLANG. SEMATIKA, 347-359.

Fathur Rahim & Vivi Ariati. (2019). Pembinaan Sopan Santun Santri terhadap Orang Tua: Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Falah-Situbondo. An-Nahdlah, 6, 1–16.

Harapan, D. A. (2018). pengantar menajemen. bandung: https://www.researchgate.net/publication/327631445_Pengantar_Manajemen.

Hasbiyallah, S. N. (2023). IMPLEMENTASI FUNGSI PERENCANAAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI MELALUI PERAN ASATIDZ DI PESANTREN MODERN DAARUL ‘ULUUM LIDO. Jurnal Pendidikan Islam, 25-34.

Hilmi Yahya Ayyasi, A. A. (2023). Urgensi Dakwah menurut Muḥammad ʻAbduh: Analisis Pendekatan Tafsir Maqāṣidī di dalamTafsir al-Manar. jurnal imu al-quran dan tafsir, 113-147.

Hadi, S. (2018). Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset,.

Hasibuan, M. (2018). Manajemen. Jakarta: PT Bumi aksara.

Idrus, M. (2019). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.

Ilyas, Y. (2013). AKHLAK TERHADAP ALLAH DAN RASUL Tafsir Surat al-Hujurat Ayat 1-9. Jurnal Tarjih, 2-10.

imro'atin, Y. (2020). Dakwah dalam AL-QUR'AN . surabaya : CV. Jakad media publishing.

Iskandar, N. (2022). Empat Risalah Syekh Mukhtar Ambai:Pribumisasi Fikih Melalui Aksara Arab-Melayu di Kerinci. AL-SYAKHSHIYYAH: Jurnal Hukum Keluarga Islam dan Kemanusiaan , 101-124.

Iskandar, N. (2022). Empat Risalah Syekh Mukhtar Ambai:Pribumisasi Fikih Melalui Aksara Arab-Melayu di Kerinci. AL-SYAKHSHIYYAH: Jurnal Hukum Keluarga Islam dan Kemanusiaan, 101-124.

Istifadatun Na’imah, I. B. (2012). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Muara Pendidikan, 6, 228–236.

J. Moleong, Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.

Karimah. (2020). Konsep Pendidikan Ubudiyah dalam Kitab Sullamut Taufiq Karya Syekh Abdullah bin Husain bin Thohir Ba Alawi. MAHAROT: Journal of Islamic Education, 147-162.

Khirpal Fikri, S. S. (2021). Perempuan dalam Pendidikan Islam di Kerinci: Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Nurul Haq Semurup 1982-2002. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 145-152.

Kholish, M. J. (2021). Etika dan Moral dalam Pandangan Hadis Nabi Saw. Jurnal Riset Agama, 83-96.

M. Ikbal Coing, A. H. (2020). Pola Pembinaan Akhlak Santri Pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bulukumba. jurnal al-ilmi, 18-31.

M. Ikbal Coing, A. H. (2022). Pola Pembinaan Akhlak Santri Pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bulukumba. jurnal al-ilmi, 18-31.

Mubah, H. Q. (2021). RESISTENSI PONDOK PESANTREN DALAM MENGELOLA SANTRI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Islamic Education Manajemen, 119-130.

Muhamad Ali Amrizal, N. F. (2022). Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. JURNAL BASICEDU, 3602 - 3612.

Mushodiq, M. A. (2020). Konsep dAakwah nir-radikalisme perspektif syekh ali mahfudz. jurnal dakwah dan kemasyarakatan , 90-111.

Margono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrun S, N. H. (2013). PERANAN PONDOK PESANTREN DI KERINCI JAMBI INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Tamaddun Bil, 189-209.

Nurhayati. (2014). AKHLAK DAN HUBUNGANNYA DENGAN AQIDAH DALAM ISLAM. Jurnal Mudarrisuna, 289-309.

Nurjanah, S. (2015). Penerapan menajmen inovasi dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan . Unissula, 27-33.

Nuzul Iskandar, A. A. (2021). Negosiasi Otoritas Fikih: Relasi Perti Kultural dan Organisasi Keagamaan Arus Utama di Kerinci . Ijtihad, 2-14.

Nata, A. (2012). Metodologi Studi Islam. . Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Nidzomul Ma’had dalam pendidikan akhlak di Pesantren Cipari Kabupaten Garut. (2019). Nidzomul Ma’had dalam pendidikan akhlak di Pesantren Cipari Kabupaten Garut. 141 Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9, 141–159.

Perawironegoro, D. (2019). Menajemen asrama di pesantren. Jurnal Studi Menajmen Pendidikan, 130-144.

ramli. (2017). DAKWAH DAN JURNALISTIK ISLAM (Perspektif Dakwah Islamiyah). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare, 10-30.

Riduwan. (2013). Dasar Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2016). Belajar Mudah Penelitian (Untuk Guru – Karyawan dan Penelitian Pemula). Bandung: CV Alfabeta.

sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: PT. Kanisius.

Sawaty, I. (2018). STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN. JURNAL AL-MAU’IZHAH, 33-47.

Sawaty, I. (2018). STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN. JURNAL AL-MAU’IZHAH, 33-47.

Siti Ropiah, A. B. (2019). Implementasi Fungsi Perencanaan Yayasan dalam Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Masyarakat. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 171-188.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2015). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sriyatun, A. B. W. M. T. P. M. K. (2020). STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN INTERNASIONAL DEA MALELA. JURNAL TAMBORA, 4, 91–98.

Uswatun Niswah, M. R. (2021). IMPLEMENTASI FUNGSI ACTUATING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN. jurnal menajemen dakwah, 115-132.

Yasrina Tanjung, E. (2023). Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua (1948-2020) . jurnal kronologi, 406-417.

CROSSMARK
Diterbitkan
2024-06-19
DIMENSIONS
Cara Mengutip
Mauliyani, M. (2024). Penerapan Fungsi Perencanaan (Planning) dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Ambai. Journal of Da’wah, 3(1), 78–100. https://doi.org/10.32939/jd.v3i1.3803
Bagian
Articles