The Analysis of Students’ Error in Operation Reseach Test for Linear Program Topic Based on Newman’s Error Analysis (NEA)
Keywords:
Error Analisys, Newman’s Error Analysis, Operation Research, Analisis Kesalahan, Riset Operasi, Analisis Kesalahan Newman
Abstract Abstract. This study aims to analyze the types of error and its factors that cause students’ error in solving operation research problems in the program linear topic based on Newman’s Error Analysis (NEA). This research is qualitative research by using a descriptive approach. The subjects in this study are fourth-grade college students in the Mathematics Education Program at State Islamic Institute of Kerinci that chosen by purposive sampling technique. The data was collected by using a test and interview. The data analysis was done descriptively. Based on the research findings, the types of students error in solving operation research problems were reading errors, comprehension errors, transformation errors, process skill errors, and encoding errors. The factors that cause the students' error were the students can not interpret, understand and understand the meaning of the questions overall; can not determine the formula to solve the problems; can not carry out the algorithm of arithmetic operations. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal riset operasi pada materi program linier berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi Tadris Matematika IAIN Kerinci tahun akademik 2018/2019 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaiakan soal riset operasi materi program linier berdasarkan Newman’s Error Analysis adalah kesalahan dalam membaca soal, kesalahan dalam memahami masalah, kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut meliputi: mahasiswa tidak bisa memaknai, mengerti dan memahami makna keseluruhan dari soal yang berikan; tidak bisa menentukan rumus yang digunakan; dan tidak bisa menajalankan tahapan-tahapan operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Aminudin. (2005). Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.
Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau dari Prosedur Newman. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83-96. doi:10.19166/johme.v2i2.1203
Erdriani, D., & Devita, D. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pertidaksamaan dan Fungsi Limit. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 52-62. doi:10.32939/ejrpm.v2i1.330
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann's Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121-134. doi:10.30998/jkpm.v4i2.3843
Fitriani, H. N., Turmudi, T. & Prabawanto, S. (2018, December). Analysis of Students Error in Mathematical Problem Solving Based on Newman’s Error Analysis. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 3, 791-796.
Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8-14. doi:10.26486/jm.v2i2.398
Junaedi, I. (2012). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri analitik berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Kreano, 3(2), 125-133.
Listiani, T., Dirgantoro, K. P., Saragih, M. J., & Tamba, K. P. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Topik Bangun Ruang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 44-62. doi:10.19166/johme.v3i1.1708
Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan bangun ruang berdasarkan newman’s error analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan spasial. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(4).
Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32. doi:10.23971/eds.v5i2.719
Pamungkas, M. D., & Wicaksono, A. B. (2019, Maret). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri bidang berdasarkan teori newman. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmawati, A. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan pada mata kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 81-90. doi:10.24042/ajpm.v8i1.957
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271. DOI:10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Sugiyono. (2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Susanti, S. (2019). Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1-7. doi:10.32939/ejrpm.v2i1.283
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada-media Group.
Utami, A. D. (2016). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasar newman’s error analysis (NEA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85-92. doi:10.25273/jipm.v4i2.842
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017, Oktober). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’S Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Dalam Prosiding Seminar Nasional & Internasional. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.
Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau dari Prosedur Newman. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83-96. doi:10.19166/johme.v2i2.1203
Erdriani, D., & Devita, D. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pertidaksamaan dan Fungsi Limit. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 52-62. doi:10.32939/ejrpm.v2i1.330
Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann's Error Analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121-134. doi:10.30998/jkpm.v4i2.3843
Fitriani, H. N., Turmudi, T. & Prabawanto, S. (2018, December). Analysis of Students Error in Mathematical Problem Solving Based on Newman’s Error Analysis. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 3, 791-796.
Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8-14. doi:10.26486/jm.v2i2.398
Junaedi, I. (2012). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri analitik berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Kreano, 3(2), 125-133.
Listiani, T., Dirgantoro, K. P., Saragih, M. J., & Tamba, K. P. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Topik Bangun Ruang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 44-62. doi:10.19166/johme.v3i1.1708
Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan bangun ruang berdasarkan newman’s error analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan spasial. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(4).
Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32. doi:10.23971/eds.v5i2.719
Pamungkas, M. D., & Wicaksono, A. B. (2019, Maret). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri bidang berdasarkan teori newman. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmawati, A. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan pada mata kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 81-90. doi:10.24042/ajpm.v8i1.957
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271. DOI:10.1016/j.sbspro.2010.12.036
Sugiyono. (2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Susanti, S. (2019). Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1-7. doi:10.32939/ejrpm.v2i1.283
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada-media Group.
Utami, A. D. (2016). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasar newman’s error analysis (NEA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85-92. doi:10.25273/jipm.v4i2.842
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2017, Oktober). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’S Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Dalam Prosiding Seminar Nasional & Internasional. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.
Published
2020-08-21
DIMENSIONS
How to Cite
Oktafia, M., Putra, A., & Habibi, M. (2020). The Analysis of Students’ Error in Operation Reseach Test for Linear Program Topic Based on Newman’s Error Analysis (NEA). Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 103–112. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.591
Section
Artikel