Education Philosophical Dimensions of Artificial Intelligence in Islamic Religious and Legal Education

Authors

  • Adi Putra UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • roni efendi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Pristian Hadi Putra IAIN Kerinci
  • Laili Ramadani STIT Diniyyah Putri Rahmah El Yunusiyyah

DOI:

https://doi.org/10.32939/islamika.v25i2.6110

Abstract

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) kini menjadi elemen penting dalam pendidikan modern, termasuk dalam studi Islam dan pendidikan hukum. Meskipun AI menawarkan efisiensi dan akses informasi yang luas, penggunaannya yang cepat memerlukan refleksi filosofis agar tidak menggeser nilai dasar pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau yuridis normatif yang dipadukan dengan pendekatan komparatif dan analisis kualitatif untuk menelaah perubahan yang ditimbulkan AI terhadap proses pembelajaran. Secara ontologis, ketergantungan pada AI mengubah pola interaksi belajar dari hubungan langsung antarpendidik dan peserta didik menjadi proses yang lebih dimediasi teknologi. Dari sisi epistemologis, tantangan utama ialah menjaga keaslian produksi dan penyampaian pengetahuan ketika alat AI dapat memengaruhi cara berpikir yang sebelumnya dibangun melalui upaya manusia. Secara aksiologis, pemanfaatan AI harus berada dalam batas etika, moral, dan integritas akademik agar tidak mengurangi nilai-nilai dasar pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya kebijakan pendidikan Agma Islam yang seimbang antara penggunaan AI dan penguatan kompetensi manusia. Rekomendasi utama mencakup penyusunan pedoman literasi AI yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan Agama Islam dan hukum, serta pengembangan sistem evaluasi yang menekankan orisinalitas dan proses. Dengan demikian, AI dapat berfungsi sebagai alat pendukung tanpa menghilangkan nilai kemanusiaan dalam pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Ali. 2015. Menguak Teori Hukum (Legal Theory) Dan Teori Peradilan (Judicialprudence) Termasuk Interpretasi Undang-Undang (Legisprudence). Jakarta: Kencana.

Agus Wibowo. 2025. Articial Intelligence Dan ModernisasiPeradilan. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Amin Al Ka’bi. 2023. “Proposed Artificial Intelligence Algorithm and Deep Learning Techniques for Development of Higher Education.” International Journal of Intelligent Networks 4(November 2022):68–73. doi:10.1016/j.ijin.2023.03.002.

Andi Rosa; Mahmudhatul Lutfiya Khasanah. 2025. “Peran Filsafat Ilmu Dalam Menghadapi Era Digital.” Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 2(4):825–31.

Arditya Prayogi, and Riki Nasrullah. 2024. “Artificial Intelligence Dan Filsafat Ilmu: Bagaimana Filsafat Memandang Kecerdasan Buatan Sebagai Ilmu Pengetahuan.” LogicLink: Journal of Artificial Intelligence and Multimedia in Informatics 1(2):144–55. doi:10.28918/logiclink.v1i2.8947.

Atiyah; Nur Chalesa Fitriani; St. Rafi’ah; Akhmad Zaki Yamani. 2025. “Digitalisasi Legal Drafting Melalui Artificial Intelligence: Peluang Dan Tantangan Masa Depan Dokumen Hukum Di Indonesia.” Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence,Economic and Legal Theory 3(2):1283–129.

Ayuni Nilam Cahya; M. Amir Maksum; Tubagus Akbar Satria Primadana. 2024. “Transformasi Budaya Hukum Dalam Era Digital ( Implikasi Penggunaan AI Dalam Perkembangan Hukum Di Indonesia ).” IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora 8(2):361–73.

Deddi Fasmadhy Satiadharmanto; Sofyan; Yuda Widodo; Rahmiati; Rifka Safira. 2024. “Fakultas Hukum Di Indonesia: Perubahan Dan Penyesuaian Dalam Menyongsong Revolusi Industri 5.0 Dengan Perspektif Pemikiran Islam.” Maximal Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan 2(1):45–62.

Destu Rizky Syahputra; Marsya Tria Putri; Salsa Rosalia Sokheh. 2024. “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Membangun Kesadaran Hukum Di Era Digital.” Ius Commercii: Jurnal Hukum Dan Bisnis 1(1):32–39. doi:10.33369/jkutei.v20i2.20489.

Dewi Amaliah Nafiati. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2):151–72. doi:10.21831/hum.v21i2.29252.

Efendi, Roni. 2019. “Konstitusionalitas Masa Tunggu Eksekusi Bagi Terpidana Mati Dalam Sistem Pemidanaan.” Jurnal Konstitusi 16(2):296–332. doi:10.31078/jk1625.

Eraku, Sunarti Suly, Mohamad Karmin Baruadi, Samuel PD Anantadjaya, Siti Fadjarajani, Ucup Supriatna, and Ardian Arifin. 2021. “Digital Literacy and Educators of Islamic Education.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(01):569. doi:10.30868/ei.v10i01.1533.

Fauziyati, Wiwin Rif’atul. 2023. “Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6(2):2180–87.

Ferdinand Lisaldy ; ismail; Dewi Iryani. 2024. “Indonesia Lex AI Sebagai Tata Kelola Kecerdasan Buatan Sui Generis Di Indonesia.” Technology and Economic Law Journal 3(1).

Hadi Candra; Pristian Hadi Putra. 2023. ONSEP DAN TEORI PENDIDIKAN KARAKTER: Pendekatan Filosofis, Normatif, Teoritis Dan Aplikatif. Indramayu: Penerbit Adab.

Khemiko Khemiko, Yoke Pribadi Kornarius, Angela Caroline, Triningtyas Elisabeth Putri Gusti, and Agus Gunawan. 2024. “Pengaruh Sikap Generasi Milenial Dan Generasi Z Terhadap Kecenderungan Untuk Terus Menggunakan Teknologi Kecerdasan Buatan.” EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan 12(1):338–53. doi:10.30640/ekonomika45.v12i1.3567.

Martínez-Comesaña, Miguel, Xurxo Rigueira-Díaz, Ana Larrañaga-Janeiro, Javier Martínez-Torres, Iago Ocarranza-Prado, and Denis Kreibel. 2023. “Impact of Artificial Intelligence on Assessment Methods in Primary and Secondary Education: Systematic Literature Review.” Revista de Psicodidáctica (English Ed.) 28(2):93–103. doi:10.1016/j.psicoe.2023.06.002.

Mellyzar; Nahadi; Desi Aryanti Nabuasa. 2024. “Progresivitas Kecerdasan Buatan Dalam Perspektif Epistemologi.” Jurnal Filsafat Indonesia 7(3):540–50. doi:10.23887/jfi.v7i3.78214.

Michael Reskianto Pabubung. 2021. “Epistemologi Kecerdasan Buatan (Ai) Dan Pentingnya Ilmu Etika Dalam Pendidikan Interdisipliner.” Jurnal Filsafat Indonesia 4(2):152–59. doi:10.23887/jfi.v4i2.34734.

Mona Ekawati. 2017. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” E-Tech 00(00):XX–XX. doi:10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.

Muhammad Faisal. 2024. “Dampak Kecerdasan Buatan (AI) Terhadap Pola Pikir Cerdas Mahasiswa Di Pontianak.” Nucleus: Research and Development For Better Future 5(1):60–66. doi:10.37010/nuc.v5i1.1684.

Nadia Saputri; Surawan. 2025. “Interaksi Mahasiswa Dengan Artificial Intelligence Dan Implikasinya Terhadap Akhlak Digital: Tinjauan Psikologi Pendidikan Islam.” Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 3(3):1606–16. doi:10.61104/alz.v3i3.1467.

Oliviani Yanto. 2025. “Etika Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Hukum.” Jurnal Hukum & Pembangunan 54(4). doi:10.21143/jhp.vol54.no4.1732.

Paputungan, Evandri, and Frezy Paputungan. 2023. “Pendekatan Dan Fungsi Affektif Dalam Proses Pembelajaran The Role And Function Of Affective Approaches In Learning.” Journal of Education and Culture (JEaC) 3(1):2986–1012.

Rudy C. Tarumingkeng. 2024. Ontologi Dalam Filsafat Ilmu. Bogor.

Siti Masrichah. 2023. “Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence ( AI ).” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3(3). doi:https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3. 1860.

Suariqi Diantama. 2023. “Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan.” DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1):8–14. doi:10.61434/dewantech.v1i1.8.

Viki Love Reformasianto; Niswatul Faizah. 2024. “Memahami Chatgpt Dan Potensi Pendidikan : Perspektif Filsafat Dampaknya Pada.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 30(3):64–74. doi:https://doi.org/10.33503/paradigma.v30i3.93.

Zulfikar Riza Hariz Pohan; Muhd. Nu’man Idris; Ramli; Anwar; Jon Paisal. 2023. “Sejarah Peradaban Dan Masa Depan Kesadaran Manusia Pada Posisi Ontologis Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Perspektif Alquran.” Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 3(1):29–38. doi:10.47498/bashair.v3i1.2030.

Downloads

Published

2025-12-11

How to Cite

Putra, A., Efendi, R., Putra, P. H., & Ramadani, L. . (2025). Education Philosophical Dimensions of Artificial Intelligence in Islamic Religious and Legal Education. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 25(2), 198–213. https://doi.org/10.32939/islamika.v25i2.6110