Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Exclusive pada Pembelajaran Alat Optik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Siti Nurmahudina Universitas Lampung
  • I Wayan Distrik Universitas Lampung
  • Ismu Wahyudi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.347

Keywords:

Alat Optik, ExCluSiVE, Kemampuan Berpikir kreatif

Abstract

ABSTRAK: Penggunaan media pembelajaran saat ini sangat penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis ExCluSiVE pada pembelajaran alat optik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sumberejo, dan sampel penelitiannya adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini menggunakan non-equivalent control grup design. nilai N-gain yang diperolah dari hasil penelitian akan diuji menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh perbedaan N-gain yang signifikan dengan tingkat signifikansi < 0,05, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaaan LKPD berbasis ExCluSiVE pada pembelajaran alat optik terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Wini Tamini, dan Budi Kadaryanto. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Membentuk Karakter Literate dan Awareness bagi Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Rawan Bencana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. UNS, Solo.

Amer, Ayman. (2005). Analytical Thinking. Mesir: CAPSCU.[online].http://www.pathways.cu.edu.eg.diakses pada tanggal 25 September 2018).

Baer, J. (2014). Creativity and Divergent Thinking: A Task Specific Approach. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.

Damayanti, A. (2017). Pengembangan Lkpd Berbasis Model Pembelajaran Exclusive Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (4).

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (2).

Khoiri, N., Slamet Riyadi, Ummi Kaltsum, Nathan Hindarto dan Ani Rusilawati. (2017). Teaching Creative Thinking Skills with Laboratory Work. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. 2 (1).

Mahardika, Mitha P., Abdurrahman dan Feriansyah Sesunan. (2013). Perbandungan Hasil Belajar Model Exclusive dengan Model Direct Instruction. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1 (5).

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Pahini, Nani., Abdurrahman dan Wayan Suana. (2014). Pengaruh Skill Multirepresentasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Model Pembelajaran Exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika. 2 (5).

Pusfarini. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Mengamodasi Gender untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Sains. Thesis. Bandarlampung: FKIP Magister Keguruan IPA.

Rahayu, E., Susanto, dan Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (1).

Saefudin, A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Al Bidayah. 4 (1).

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sujadi, Eko., Meditamar, Muhd. Odha., Ahmad, Bukhari., Rahayu, Anita. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Locus of Control Terhadap Motivasi Berprestasi. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 1 (1): 32-51. dx.doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4808

Published

2019-12-05