Pengaruh Teknik Pembelajaran Pictorial Riddle Berbantukan LKPD Berbasis Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Pemantulan Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.522Keywords:
Pictorial Riddle, Inquiry Learning, Keterampilan Proses SainsAbstract Pengaruh Teknik Pictorial Riddle Berbantukan LKPD Inquiry Learning terhadap Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran pictorial riddle berbantukan LKPD berbasis inquiry learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Bandarlampung dengan menggunakan desain penelitian non equivalent control group design. Hasil uji independent sample t-test diperoleh perbedaan N-gain yang signifikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan effect size sebesar 0,9 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan teknik pembelajaran pictorial riddle berbantukan LKPD berbasis inquiry learning terhadap keterampilan proses sains dengan size pengaruh dalam kriteria besar.
Downloads
Download data is not yet available.
References
Al, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pic t orial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa The Implementation of Inquiry Pictorial Riddle Learning Model to Increase Students ’ Activity. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK). https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879
Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret.
Anggraini, A. E., Hamid, A., Yusandika, A. D., & Susilowati, N. E. (2018). Pengaruh Metode Pictorial Riddle Yang Dimodifikasi Dengan Pendekatan Scientific. Journal of Science and Mathematics Education.
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.
Chusni, M. M. (2016). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.24127/jpf.v4i2.540
Jannah, L., Nur, M., & Suyono, S. (2017). Desain Bahan Ajar Materi Gelombang Dan Bunyi Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1196. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1196-1203
Paul M. Muchinsky. (2012). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy dengan Menggunakan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.892
Sujadi, Eko. (2018). Kode Etik Profesi Konseling Serta Permasalahan dalam Penerapannya. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 69–77. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.298
Sujadi, Eko, & Meditamar, M. O. (2020). Perbedaan Locus of Control ditinjau dari Perspektif Agama pada Siswa SMA. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1), 44–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/analitika.v11i1.3506
Tauhidah, D., & Suciati, D. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Penerapan Model Guided Inquiry Laboratory. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308
Yunita, Y., Syuaib, M. Z., & Taufik, M. (2017). Perbedaan Hasil Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle bagi Siswa SMP Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.286
Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret.
Anggraini, A. E., Hamid, A., Yusandika, A. D., & Susilowati, N. E. (2018). Pengaruh Metode Pictorial Riddle Yang Dimodifikasi Dengan Pendekatan Scientific. Journal of Science and Mathematics Education.
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.
Chusni, M. M. (2016). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.24127/jpf.v4i2.540
Jannah, L., Nur, M., & Suyono, S. (2017). Desain Bahan Ajar Materi Gelombang Dan Bunyi Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1196. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1196-1203
Paul M. Muchinsky. (2012). Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy dengan Menggunakan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 14–24. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.892
Sujadi, Eko. (2018). Kode Etik Profesi Konseling Serta Permasalahan dalam Penerapannya. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 69–77. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i2.298
Sujadi, Eko, & Meditamar, M. O. (2020). Perbedaan Locus of Control ditinjau dari Perspektif Agama pada Siswa SMA. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1), 44–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/analitika.v11i1.3506
Tauhidah, D., & Suciati, D. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Penerapan Model Guided Inquiry Laboratory. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308
Yunita, Y., Syuaib, M. Z., & Taufik, M. (2017). Perbedaan Hasil Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle bagi Siswa SMP Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.286
Downloads
Published
2020-07-24
Issue
Section
Articles