Profil Orang Tua Sebagai Pendidik Menurut Al Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.759Keywords:
Pendidikan Islam, Penelitian Kepustakaan, Penelitian Pendidikan, Peran Orang Tua, Pendidik Menurut Al-Qur'anAbstract Orang tua ditempatkan sebagai pendidik utama yang pertama kali membentuk dasar-dasar kepribadian seorang anak yang dilahirkan dalam keadaan suci atau fitrah. Peran orang tua sangat menentukan dalam keberhasilan pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam tentang peran orang tua dalam mendidik anak menurut Al-Qur’an. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil orang tua sebagai pendidik menurut al-Qur’an antara lain: 1) Orang tua sebagai contoh teladan bagi anak-anaknya yaitu orang tua sebagai panutan dalam menegakkan keadilan dan Orang tua sebagai panutan dalam berperilaku, 2) Orang tua sebagai pengayom/pemelihara, 3) Orang tua sebagai pembimbing/pengajar/guru yaitu menanamkan tauhid yang benar kepada anak, berbakti kepada orang tua, mengajari anak melaksanakan ibadah shalat, dan mendidik anak dengan berbagai adab (akhlak yang baik), dan 4) Orang tua sebagai teman/kawan bagi anak-anaknya.
Downloads
References
Al-Ghazali, I. (tt). Ahya 'Ulumuddin. Beirut: Dar Ihya Al-Kuttub al-Ilmiah.
Al-Ghazali, M. (2000). A Thematic Commentary On the Qur'an. Kuala Lumpur: The International Islamic Thougt.
Al-Jawi, S. M. (tt). Tafsir Al-Munir. Beirut Libanon: Dar Al-Kitab.
Arifin, M. (1994). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ashsidqi, H. (1995). Tafsir An-Nur Jilid 1. Semarang: Pustaka Rizki Utama.
Erzad, A. M. (2017). Peranan Orang Tua Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA, 5(2), 414.
Harahap, T. M. (2020, Februari). Konsep Fitrah Dalam Al Qur'an. Ri'yatul Qur'an, 1 (2).
Maisyaroh, M. (2019). Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 1-9.
Megawati, L. (2015, Juli). Peranan Orangtua Dalam Pendidikan Anak Pada Keluarga Nelayan. Universitas Tanjung Pura Pontianak, 1.
Munawwar, S. A. (2003). Al-Qur'an membangun taradisi hakiki. Jakarta: Ciputat Press.
Muthmainnah. (2012, Juni). Peran Orangtua Dalam Menumbuhkan Pribadi Anak Yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Pendidikan Anak, 1(1), 103.
Nata, A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Nazir. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Novrinda. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, 2, 39.
Ramayulis. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Reskia, S. (2014, Juni). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Inpres 1 Birobuli. Elementary School of Education, 2(2), 82.
Ruli, E. (2020, April). Tugas dan Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak. Edukasi Nonformal, 2(2), 143.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah Vol 11. Jakarta: Lentera Hati.
Sholihin, M. (2003). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Kalam Semesta.
Sugiono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprayogo, I. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Al Qur'an. Artikel Kapugeran, -.
Wahyu, H. (2012, Februari). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 245.
Zurayk, M. (1994). Aku dan Anakku terj. Syarifuddin Usman. Bandung: Al-Bayyan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.