Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa di SMAN 1 Batipuh
Keywords:
konsep diri, perencanaan karir, siswa
Abstract Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perencanaan karir siswa di SMA N 1 Batipuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMA N 1 Batipuh yang berjumlah 248 siswa. Teknik pengumpulan sampel yaitu Purposive Sampling dimana teknik penentuan sampel ini diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi tersebut dengan jumlah sampel 62 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan skala likert dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan bantuan Statistika Product and Service Solusion (SPSS) Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, data hasil uji normalitas model korelasi telah memenuhi asumsi normal yang berarti data dapat dikatakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji korelasi sederhana pada penelitian ini didapatkan bahwa r hitung > dari r tabel ( 0, 926 > 0, 246) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa kelas X1 IPA dan XI IPS di SMA N 1 Batipuh. Kemudian besarnya manfaat konsep diri dengan Perencanaan karir siswa di kelas XI IPA dan XI IPS sebesar 85,8% dan 14,2% di pengaruhi faktor lain.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2021-09-13
DIMENSIONS
How to Cite
yulianti, relia, Rahmi, A. ., & Wae, R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa di SMAN 1 Batipuh. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 112–117. https://doi.org/10.32939/ijocd.v2i2.603
Section
Articles
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Counseling and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.