Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Berdasarkan Perspektif Islam Pada Lembaga Keuangan Syariah
Abstrak Lembaga keuangan mikro syariah memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawab lembaga tersebut adalah implementasi Corporate Social Responsibility (CSR), yang dapat meningkatkan kepercayaan publik sekaligus menjadi sarana keberkahan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi CSR pada lembaga keuangan syariah berdasarkan perspektif Islam serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan program CSR. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR pada lembaga keuangan syariah dijalankan melalui program-program sosial keagamaan, antara lain: memberikan pinjaman yang baik (Al-Baqarah: 245), tolong-menolong (Al-Ma’un: 1-7), bersedekah (Al-Hadid: 18), menjaga lingkungan (Al-A’raf: 56), serta berlaku adil dan transparan (An-Nisa: 58). Program-program tersebut sejalan dengan prinsip Islam, membawa dampak positif bagi masyarakat, dan memperkuat eksistensi lembaga keuangan syariah. Dengan demikian, CSR tidak hanya bernilai sosial, tetapi juga merupakan wujud pengamalan ajaran Islam dalam ranah ekonomi.
Unduhan
Referensi
Adila Yuli Saputri, S. N., Fatimah Nabilah, M., & Sukur Indra, F. (2025). Integrasi Baitul Mal Dan Akad Qardhu Hasan Dalam Pembangunan Ekonomi Umat. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 138–159. https://journal.uiad.ac.id/index.php/asy-syarikah/article/view/3565
Ahmat Dedi Prayogo, Mochammad Isa Anshori, & Nurita Andriani. (2023). Utilization of Social Media as a Promotional Strategy to Increase Sales. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(3), 1367–1374.
Azzahrani, G., Bilqis, L., Mulyanti, Y., & Mughni, J. A. (2025). Analisis Perbandingan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Zakat dalam Perspektif Manajemen Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(5), 173–184. https://doi.org/10.62017/jemb
Badruddin, A. (2023). CSR dalam Perspektif Al-Quran. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 1617–1633.
Carroll, A. B. (1999). Corporate social responsibility: Evolution of a definitional construct. Business and Society, 38(3), 268–295. https://doi.org/10.1177/000765039903800303
Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM. 167–186.
Depkes RI. (2005). Strategi Nasional PP-ASI. Researchgate.Net. https://www.researchgate.net/profile/Tuti-Herawati/publication/269039074_Strategi_Nasional_Penelitian_Agroforestri/links/547e3e200cf2de80e7cc5510/Strategi-Nasional-Penelitian-Agroforestri.pdf
Dewi, K. A. P. (2018). Regulasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Lingkungan Hidup Dalam Hukum Indonesia. Yustitia, 12(2), 67–75.
Dusuki, A. W., & Abdullah, N. I. (2024). Maqasid al-Shari`ah, Maslahah, and Corporate Social Responsibility (2007). American Journal of Islam and Society, 41(1), 10–35. https://doi.org/10.35632/ajis.v41i1.3417
Ferdiana Ilahi, Y., Asnawi, N., & Indra Lesmana, C. (2023). Hubungan Kinerja Green Banking Terhadap Perkembangan Pembangunan Ekonomi Negara Secara Berkelanjutan. An-Nisbah Jurnal Perbankan Syariah, 4(1), 200–217. http://hdl.handle.net/10069/29499
Fithriyati, H. (2013). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Society, 4(2), 53–67. https://doi.org/10.20414/society.v4i2.335
Fitriyah, W. (2024). Islamic Business Ethics in Qs. Al-Jumu’ah Verses 9-10 From The Perspective of Quraish Shihab. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 3(2), 221–236. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1761
Hasanah, N., Sayuti, M. N., & Lisnawati, L. (2024). Optimalisasi Regulasi Perbankan Syariah Oleh Bank Indonesia Dan Otoritas Jasa Keuangan Dalam Akselerasi Transformasi Digital. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(03), 709–723. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i03.36621
Hidayatina, H. (2020). Kredit Tanpa Bunga (Al-Qard Al-Hasan) Teori Dan Realita. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 26–43. https://doi.org/10.52490/at-tijarah.v2i1.858
Howaniec, H. (2023). Corporate social responsibility. Corporate Social Responsibility and Marketing Ethics, 3(1), 8–31. https://doi.org/10.4324/9781003317364-2
Khoiri, M., Zainul Fitri, A., Zaenul Fitri, A., Darul Hikmah Tulungagung, S., & Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U. (2024). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalam Pendidikan. AL MIDAD : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Studi Keislama, 1(1), 81–91. https://ejournal.staidhtulungagung.ac.id/index.php/almidad
Mayanti, Y., & Dewi, R. P. K. (2021). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Bisnis Islam. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 1(3), 651–660. https://doi.org/10.35313/jaief.v1i3.2612
Responsibility, C. S. (2014). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF ISLAM Oleh Darmawati 1. November, 125–138.
Riska Khayuni, & Yurti Walida. (2025). Optimalisasi Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 3(3), 157–166. https://doi.org/10.61132/jepi.v3i3.1626
Sofi Latifah. (2025). Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(2), 151–167. https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i2.1736
Vani, E. (2016). PERAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK DALAM MEMBERDAYAKAN USAHA PEDAGANG KECIL DI KOTA MAKASSAR. Skripsi, 1–5.
Wahyuni, E., & Maulidia, S. (2020). Analisis Penanganan Pembiayaan Murabahah Non Performing Financing (Npf) Dengan Mitigation of Risk in Islamic Financial Institutions Di Kjks Bmt Al-Makmur Cubadak Lima Kaum Kab. Tanah Datar. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 2(1), 14–35. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v2i1.219
Widiastuti, A. (2023). Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Implementasinya Di Pt Pertamina Persero. Jurnal Ilmiah WUNY, 5(2), 27–40. https://doi.org/10.21831/jwuny.v5i2.65400
Wulandari, S. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 19(1), 1. https://doi.org/10.19184/jeam.v19i1.15436.
Hak Cipta (c) 2025 Shofam Amim Mujadid Parmi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.