Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh

  • Maila Sari
  • Mhmd Habibi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci http://orcid.org/0000-0003-1012-2186
  • Rahmi Putri Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

Abstract

Abstrak. Guru matematika dituntut tidak hanya dapat menstransfer ilmu pengetahuan saja kepada peserta didik, namun juga dapat membentuk dan mengembangkan karakter siswa dalam proses pembelajaran matematika. Untuk dapat menumbuhkan dan mengembangkan karakter siswa dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat memunculkan indikator pembentukan karakter dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat memunculkan indikator pengembangan karakter adalah model pembelajaran Think - Pairs – Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TPS, 2) karakter jujur, tanggung jawab, dan disiplin siswa yang menggunakan model pembelajaran  TPS dan karakter jujur, tanggung jawab dan disiplin siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TPS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TPS, 2) karakter jujur, tanggung jawab, dan disiplin siswa yang menggunakan model pembelajaran  TPS TPS lebih baik dibandingkan dengan karakter jujur, tanggung jawab dan disiplin siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TPS.
Published
2018-05-11
How to Cite
SARI, Maila; HABIBI, Mhmd; PUTRI, Rahmi. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 7-21, may 2018. ISSN 2620-8911. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/221>. Date accessed: 22 aug. 2018.
Section
Artikel