PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM (BKI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KERINCI

  • Eko Sujadi IAIN Kerinci

Abstract

Perubahan sosial yang begitu cepat (rapid social change) secara jelas telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Perubahan tersebut juga mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai-nilai. Salah satu nilai yang mengalami perubahan adalah kejujuran. Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas penerapan Pendidikan karakter cerdas format kelompok untuk meningkatkan nilai kejujuran mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan  pretest and posttest control group design. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel.Temuan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat peningkatan kejujuran mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebagai kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah diberi perlakuan; 2) tidak terdapat peningkatan kejujuran mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebagai kelompok kontrol pada pretest dan posttest; dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan kejujuran mahasiswa JurusanBKI IAIN Kerinci pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-05
How to Cite
SUJADI, Eko. PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM (BKI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KERINCI. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 97-108, june 2017. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/182>. Date accessed: 20 sep. 2020.
Section
Articles