Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi

  • Eline Yanty Putri Nasution IAIN Kerinci
  • Nur Fauziah Siregar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis Prezi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: 1) pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan, dan 4) penyebaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah suatu alat presentasi digital berbasis Prezi pada materi Geometri bagi mahasiswa kelas 4B jurusan Tadris Matematika IAIN Kerinci Tahun Ajaran 2017/2018. Media pembelajaran berbasis Prezi ini terlebih dahulu diperiksa validitasnya untuk kemudian diujicobakan dan diimplementasikan pada proses perkuliahan di dalam kelas. Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan matematika, pendidikan dasar dan bahasa. Kepraktisan media pembelajaran diselidiki dengan cara mengamati pelaksanaan perkuliahan, pengisian angket praktikalitas oleh mahasiswa, serta wawancara kepada mahasiswa. Keefektifan media pembelajaran diselidiki dengan cara mengamati aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Seluruh data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis Prezi sudah valid berdasarkan segi konstruk dan isinya; 2) media pembelajaran berbasis Prezi juga sudah dapat dikatakan praktis berdasarkan pelaksanaan perkuliahan; dan 3) media pembelajaran berbasis Prezi sudah efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil uji coba dan implementasi media serta hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi sudah valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antika, Y., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Aplikasi Rangkaian Op Amp Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2).

Budiarto, M. T. 2000. Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya, 2 Nopember.

Dahlan, J. A. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Direktorat PTKI. 2018. Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kemenag.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2018. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 Edisi Ketiga Cetakan ke-1. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Epinur, E., Wilda, S., & Adriyani, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 6(1).

Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa melalui Pembelajaran Geometri Berbantuan Cabri 3D. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(02), 179-194.

Prayoga, A. M., & Santoso, S. (2013). Penggunaan Media Prezi Dan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) UNS, 1(2), 1-8.

Rais, M. (2019). Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 2(1).

Suharjanto, A. (2013). Penerapan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Software Prezi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 2(1).

Trianto (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan (KTSP). Kencana, Prenada Media Group, Jakarta

Wahyudi, D. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Akhlak Dengan Program Prezi (Studi Di Smp Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-2014). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 146-161.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In SEMINAR NASIONAL (Vol. 1, No. 1).

Yusuf Rodhi, M. O. H. A. M. M. A. D. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).
Published
2019-12-05
How to Cite
NASUTION, Eline Yanty Putri; SIREGAR, Nur Fauziah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 15, n. 02, p. 205-221, dec. 2019. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/466>. Date accessed: 05 june 2020. doi: https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466.