MODEL-MODEL LATIHAN KEMAHIRAN BERBICARA

Authors

  • Eva Ardinal

Abstract

Al-Kalam atau berbicara merupakan kemahiran penting. Diperlukan kreatifitas guru dan para perancang bahan ajar dalam meramu dan mensiasati dengan jitu strategi-strategi yang akan diterapkan dalam pengajaran kemahiran berbicara، salah satunya adalah bagaimana seorang perancang bahan ajar mampu mengintegrasikan pola-pola tadribat dengan berbagai kreasi sesuai materi ajar yang disajikan، yang dalam hal ini adalah pola-pola tadribat maharat al-kalam. Tadribat al-kalam adalah sebuah bentuk kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk melakukan penguatan kompetensi berbahasa seorang pelajar melalui latihan-latihan yang berulang dalam berbagai bentuk dan variasinya، latihan-latihan tersebut memusatkan perannya pada hal-hal yang berkaitan dengan pengayaan dan penguatan al-kalam agar pelajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan dalam proses pengajaran al-kalam. Tadribat al-kalam pada hakikatnya memilki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing. Peran penting tadribat al-kalam tersebut، seiring dengan posisi al-kalam sebagai salah satu kemahiran bahasa yang juga disaratkan penguasaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rahman bin Ibrahim al-Fauzan، I’dad Mawad Ta’lim al-Lughah al-
Arabiyah li Ghoiri al-Natiqin biha، (t.t.p.، 1428 H)

Ahmad Fuad Effendy، Metodologi Pengajaran Bahasa Arab، (Malang: Misykat،
2008)

D. Hidayat، Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah، Pelajaran Bahasa Arab Madrasah
Aliyah kelas XI، (Semarang: Karya Toha Putra، 2008)

Henri Guntur Tarigan، Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa، ( Bandung:
Angkasa، 1992)

Shalah Abd. Majid al-Arabiy، Ta’allum al-Lughah al-Hayyah wa Ta’limuha،
(Beirut، Maktabah Lubnan، 1981)

Muhibbin Syah، Psikologi Belajar، (Jakarta: Rajawali Pers، 2004) cet III

al-Arabiyyah Baina Yadaik، Silsilah fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li Ghairi
al-Natiqina biha، al-Kitab al-Awwal، (Versi Cakram CD).

Downloads

Published

2016-11-26