MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS (STUDI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KERINCI)

  • Eva Ardinal IAIN Kerinci

Abstract

Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kerinci merupakan program pesantren mahasiswa bilingual dalam naungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci yang mengajarkan bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris kepada mahasantrinya. Lembaga ini mencoba menerapkan penggunaan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari di lingkungan Ma’had. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dan Inggris di Ma’had Al-jami’ah IAIN Kerinci. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan pembelajaran bahasa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kerinci dilaksanakan perkelas, dan setiap kelas terdapat tutor/pendamping, metode yang digunakan tutor dalam setiap pembelajaran umumnya metode DRILL dan metode langsung (Direct Method).Dalam meningkatkan ketrampilan bahasa, tutor mempunyai tugas membimbing, mengajarkan, mentransfer ilmu kepada peserta didik serta beberapa ketrampilan seperti pidato bahasa asing, story telling, debat bahasa asing, dll.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-05
How to Cite
ARDINAL, Eva. MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS (STUDI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KERINCI). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 83-95, june 2017. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/181>. Date accessed: 04 july 2020.
Section
Articles