WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERUPA SKRIPSI DENGAN MATERI PENELITIAN KORELASIONAL

  • Ria Deswita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa kegiatan workshop penulisan karya ilmiah berupa skripsi dengan tema penelitian korelasional. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami mengenai penulisan karya ilmiah berupa skripsi khususnya pada penelitian korelasional. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 secara daring dengan menggunakan zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang mahasiswa dari IAIN Kerinci, STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, dan UIN Imam Bonjol, dengan jurusan pendidikan agama islam, tadris matematika, ekonomi syariah, manajemen pendidikan islam, dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama penyampaian materi dengan metode ceramah melalui bantuan power poin. Kemudian tahap kedua dilanjutkan dengan diskusi ataupun tanya jawab mengenai materi workshop. Materi yang diberikan berupa pengertian dan karakteristik penelitian korelasional, contoh penelitian korelasional, jenis penelitian korelasional berupa korelasi linear sederhana dan korelasi linear berganda, serta contoh pengolahan data hasil penelitian korelasional. Secara umum, dapat dikatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa workshop penulisan karya tulis ilmiah berupa skripsi pada materi penelitian korelasional berlangsung lancar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brew, A., & Wekke, I. S. (2018). Hakikat Karya Ilmiah (The Nature of Research). Yogyakarta: Deepublish.

Emaliana, I. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA Se-Malang Raya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Faelasofi, R. (2018). Faktor dominan kesulitan mahasiswa pada penulisan skripsi. Jurnal eDuMath, 4(1), 95-105.

Firza. (2018). Kesulitan menulis proposal mahasiswa semester VIII pada Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing. Jurnal Diakronika, 18(2).1

Gani, E. (2019). Komponen-komponen karya ilmiah. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Gumono. (2016). Profil minat baca mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu. Wacana, 14(1), 65–78.

Indrastuti, N. (2020). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah Dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47–53. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Mujianto, M., Zubaidi, Z., & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa program jaringan telekomunikasi digital ( JTD ) melalui problem based learning. In S. Sukatman, A. Muti’ah, & A. Taufiq (Eds.), Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global (pp. 177–186).

Nasrudin, (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.114

Setyawati, N., Larasati, L., Arifin, Z., & Ulumuddin, A. (2013). IbM Peningkatan Kompetensi Menulis Artikel Media Massa Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v4i1.444

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.

Suherli, K. (2012). Merancang Karya Tulis Ilmiah.(rev. ed). In Bandung: PT. Remaja Rosdakarya xii.

Susetyo, S., Basuki, R., Noermanzah, N. (2020). Peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28-29, http://www2.unp.ac.id/index.php/abdi/article/view/35

Yuliati, A. (2019). Sosialisasi Penulisan Referensi Dalam Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i2.546

Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34–48.

CROSSMARK
Published
2021-01-15
DIMENSIONS