Pendampingan Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Di Desa Dusun Diilir Kecamatan Hamparan Rawang Kabupaten Kerinci

  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Febria Ningsih Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Elin Zulfiani Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Aan Japura Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Pendidikan matematika merupakan aspek kunci dalam pembangunan masyarakat dan meningkatkan taraf hidup. Artikel ini membahas upaya pendampingan kesulitan belajar matematika pada materi operasi hitung aljabar di Desa Dusun Diilir, Kecamatan Hamparan Rawang, Kabupaten Kerinci. Pendampingan dilakukan dengan metode yang holistik, melibatkan pihak-pihak terkait dan berfokus pada pembelajaran aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendampingan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika, khususnya pada materi operasi hitung aljabar, di Desa Dusun Diilir. Pendampingan dilakukan dengan menggunakan metode holistik yang berfokus pada peningkatan pemahaman siswa. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, mendukung keberhasilan pendekatan ini dalam meningkatkan prestasi belajar. Pendampingan belajar matematika merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Artikel ini membahas pendampingan belajar matematika pada materi aljabar di Desa Dusun Diilir, Kecamatan Hamparan Rawang, Kabupaten Kerinci. Pendampingan dilakukan dengan metode diskusi, latihan soal, dan Evaluasi. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. L. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. UIN Walisongo Semarang. Retrieved December 12, 2023, from https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16589/1/1608056081_Noor%20Lutfiyah%20Afifah_Full%20Skripsi%20-%20bimbel%20literasia.pdf

Arfia, K., & Handican, R. (2024). Pengaruh Self Confidence & Prestasi Belajar Kalkulus: Suatu Studi Korelasional di Perguruan Tinggi. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 305-316.

Ayuningtias, N., & Nainggolan, B. M. (2019). Pengaruh Pelatihan Karyawan, Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan di Blue Sky Pandurata Boutique Hotel Jakarta. STEIN eRepository, 6(1).

Brown, A. (2012). Pendampingan Belajar Matematika: Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Hadi, S. (2015). Pendampingan Belajar Matematika dengan Teknologi. Jurnal Pendidikan Matematika, 20(1), 45-56.

Höft, L., & Bernholt, S. (2019). Longitudinal couplings between interest and conceptual understanding in secondary school chemistry: an activity-based perspective. International Journal of Science Education, 41(5), 607-627.

Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Strategi ARIAS untuk Meningkatkan Pemaahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Materi relasi dan Fungsi. JPMM, 2(4), 259–272.

Kusuma, M., & Abduh, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1855-1861.

Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 98-108.

Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar.

NOVITA, D. M. (2011). CORRELATION BETWEEN PARENTS'ATTENTION TOWARD STUDENTS'MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Purwasasmita, M. (2010). Memaknai Konsep Alam Cerdas dan kearifan Nilai Budaya Lokal dalam Pendidikan Karakter Bangsa. In dalam Prosiding seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter, Bandung: Widya Aksara Press.

R. O. Akbar, “Buku Ajar Aljabar Linear,” Pertama., O. R. Riyanto, Ed. Jamblang, Cirebon: CV. Confident (Anggota IKAPI Jabar), 2023, p. 256.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175.

Siagian, S, P,. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-24. Jakarta :Bumi Aksara Wood, J. T. (2007). Interpersonal Communication: Everyday Encounters. (9780495006534). Thomson.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232

. Smith, J. (2010). Pendampingan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123-135. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Sujiwo, Dimas A. .C. (2017). Bimbingan Belajar Matematika pada Siswa SD Desa Kalidilem Lumajang. Jurnal Terapan Abdimas, (2): 41-47

Thahir, Andi., Hidriyanti, Babay. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2): 63-76

Vrasetya, A., Nasution, E. Y. P., & Handican, R. (2024). Response of Prospective Mathematics Teacher Students To Learning Difficulties In Calculus Course. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(3), 645-660.

CROSSMARK
Published
2021-07-25
DIMENSIONS