Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0

  • Pristian Hadi Putra IAIN Kerinci

Abstract

Pendidikan islam pada saat ini dihadapkan pada tantangan yang sangat besar, belum usai dengan bergulirnya era industri 4.0, kita dikejutkan lagi dengan munculnya society 5.0 yang harus dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Penelitian ini adalah menggunakan studi pustaka. Dalam teknik pengumpulan data penulis akan mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0.  Hasil penelitian: 1). Pendidikan islam harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah,  Kemampuan untuk bisa berfikir secara kritis, dan Kemampuan untuk berkreativitas dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan dari munculnya era society 5.0. 2). Pendidikan islam dalam menghadapi era society 5.0 harus tersedianya sumberdaya yang memadai dalam dunia pendidikan seperti guru, dosen maupaun tenaga pendidikan lainnya.

References

Daradjat Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara. 2008.
Dewey John, Democracy and Education: An Introduction to The Philosophy of Education, New York: The Macmillan Company. 1964.
Fadjar A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia. 1999.
https://www.qureta.com/post/masyarakat-baru-5-o, di akses tanggal 10 Oktober 2019
Jalaludin, Psikologi Agama, Jakarta : Rajawali Pres. 2010.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam TInjauan Teoritis dan PRaktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta : Bumi Aksara. 2009.
Majid Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi; Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.
Manna’ Khalil al-Qat ṭt ṭan, Mabahis fi ‘Ulumil Qur’an, Terj. Mudzakir As,Studi Ilmu-Ilmu Alquran, Jakarta: PT. Pustaka Litera Antar Nusa. 2007.
Maryam Sajadi, Parvaneh Amiripour, Mohsen Rostamy Malkhalifeh, The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability Under Efficient Representation Aspect. (International Scientific Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics. 2013.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004
Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, PT Bina Ilmu. 2004.
Nizar Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Gramedia Pratama. 2001
Polya, G. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press, 1973.
Purwanto M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya. 1998.
Purwanto Edy, Desain Teks Untuk Belajar “Pendekatan Pemecahan Masalah”. Jurnal IPS dan Pengajarannya. 33 (2) hal 284. 1999
Rojko Andreja, Industry 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics e.V. Vol. 11. Nuremberg, Germany. 2017
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Persspetif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya. 2010.
Tafsir Ahmad , Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung : Remaja Rosddakarya. 2001.
Semiawan, Conny R., Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999.
Shaleh Abd. Rachman, Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar, petunjuk Pelaksanaan Kurikulum 1975, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
Soleha dan Rada, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung : Alfabeta. 2011
Published
2019-12-31
How to Cite
PUTRA, Pristian Hadi. Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, [S.l.], v. 19, n. 02, p. 99-110, dec. 2019. ISSN 2502-7565. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/458>. Date accessed: 02 july 2020. doi: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.