Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME

Indonesia

Authors

  • Dini Palupi Putri IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.336

Keywords:

Realistic Mathematic Education; Kemampuan Pemahaman Konsep; Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian Pengembangan ini mengembangkan bahan ajar berbasis Realistic Mathematic Education  untuk mahasiswa semester III pada mata kuliah Matematika SD/MI Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan pembelajaran matematika ialah agar mahasiswa mahir dalam kemampuan matematis, untuk mendukung hal itu perlu media yang baik, salah satu nya bahan ajar. Persepsi mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan selama ini belum menuntun perkembangan kemampuan matematis mahasiswa. Mahasiswa menilai bahan ajar belum memuat konteks pembelajaran untuk membangun pengetahuan awal dan mengaitkan materi dengan pengalaman sehari, hari. Untuk itu dosen dan mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang mudah, praktis dan efisien untuk mengembangkan kemampuan matematis. RME merupakan suatu pendekatan yang aktifitas nya lebih menenkankan konteks dan interaktivitas mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan matematis. Konsep  yang terdapat dalam bahan ajar dihubungkan dengan pengalaman kehidupan sehari-hari. Bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan hasil persepsi dan kebutuhan dosen dan mahasiswa, kemudian divalidasi oleh para pakar, selanjutnya revisi berdasarkan saran dari validator

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzan, A., & Yerizon. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Matematis Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung: 7-14.
Hayati, I., & Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar Antara Siswa IPA dan IPS. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 1-10. doi:10.32939/tarbawi.v14i1.250
Muliyardi. (2002). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: Jurusan FMIPA Universitas Negeri Padang.
Ramadhani, M. H., & Caswita. (2017). Pembelajaran RME terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017 (hal. 265-272). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2, No. 2, Agustus, 71-80.
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1 - 12.
Sujadi, E. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 97-108
Syaodih, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Published

2019-06-30