PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND MAHASISWA MATEMATIKA

  • Bukhari Ahmad IAIN Kerinci
  • Ria Deswita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Febria Ningsih Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Syafriadi Syafriadi Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan mathematical habits of mind. Kemampuan pemecahan masalah matematis dan mathematical habits of mind perlu dikembangkan pada mahasiswa. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mathematical habits of mind. Oleh karena itu, dipilih model pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE) dengan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mathematical habits of mind. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semseter I Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Kerinci. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket mathematical habits of mind matematis. Analisis data menggunakan Independent t-test dan uji proporsi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan pendekatan scientific lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa, 2) tidak terdapat perbedaan mathematical habits of mind antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model CORE dengan pendekatan scientific dan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran biasa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-05
How to Cite
AHMAD, Bukhari et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND MAHASISWA MATEMATIKA. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 33-42, feb. 2018. ISSN 2615-6547. Available at: <http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/191>. Date accessed: 04 july 2020.
Section
Articles