Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs

Authors

  • Siti Mamartohiroh Universitas Islam Negeri Siltan Syarif Kasim Riau
  • Ramon Muhandaz Universitas Islam Negeri Siltan Syarif Kasim Riau
  • Rena Revita Universitas Islam Negeri Siltan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.524

Keywords:

Model Contextual Teaching and Learning, Kemandirian Belajar,Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Experiment dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs GUPPI Bandar Sungai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling, dengan sampel terpilih memiliki kesamaan rata-rata sebelum perlakuan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Untuk hipotesis 1 diperoleh F_A=5,036>F_tabel=4,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dengan skor rata-rata yang lebih baik adalah kelas eksperimen daripada kontrol yaitu berturut-turut adalah 41,94 dan 38,92. Untuk hipotesis 2 diperoleh F_B=4,392>F_tabel=3,16 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah, dengan skor rata-rata untuk siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi 43,69, sedang 38,63  dan rendah 42,83. Dan untuk hipotesis 3 diperoleh F_(A×B)=0,302≤F_tabel=3,16 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pendidikan. Suska Press.
BNSP, & Balitbang Kemdikbud. (2018). Buku Saku Ujian Nasional 2019. Puspendik kemdikbud. https://puspendik.kemdikbud.go.id/ujian-nasional-un
Hartono. (2015). Analisis Item Instrumen. Zanafa Publishing.
Hartono. (2019). Metode Penelitian. Zanafa Publishing.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kunandar. (2007). Guru profesional: implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Raja Grafindo Persada.
Laili, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs Nurul Hakim Kediri Ditinjau dari Segi Gender. PALAPA, 4(2), 34–52. https://doi.org/10.36088/palapa.v4i2.22
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. [English]. NCTM.
Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis SAINS. Diva Press.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sujadi, Eko. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 97–108.
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar, M. (2016). Improving Mathematical Problem-Solving Ability And Self-Confidence Of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1). https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Pt RajaGrafindo Persada.
Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. L. (2005). Pengantar pendidikan. Rineka Cipta.

Published

2020-07-24